Harga BBM Dinaikkan, “Menyesal Pilih Jokowi”

- Senin, 5 September 2022 | 14:31 WIB
Presiden Jokowi dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Presiden Jokowi dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

HARIANTERBIT - Kecewa harga BBM naik, sosmed Joko Widodo diserbu oleh pemilihnya dengan menyebut menyesal pilih Jokowi.

“Kenaikan itu membuat hati pemilih Jokowi terluka. Tidak heran sosmed milik Jokowi diserbu oleh para pemilihnya dengan menyebut menyesal pilih Jokowi,” kata Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie Harian Terbit, Minggu (4/9/2022).

Menurut Jerry, hal tersebut lantaran tak kompetennya kepemimpinan Jokowi dan para menterinya dengan gagahnya menaikan BBM. Kenaikan ini

Dia mengatakan, bukan hanya impor pangan, banyak janji palsu dan kebohongan Jokowi yang kerap terulang lagi. Karena Juli 2022, Jokowi menegaskan harga BBM tak akan naik sampai Desember. Namun pada awal September 2022 harga BBM subsidi jusrru merangkak naik.

Baca Juga: BBM Naik, Rakyat Kecewa, Mahasiswa, Buruh Serbu Istana

"Gampang saja menangani BBM tak naik. Pembangunan infrastruktur 2023 naik Rp329 triliun itu bisa dipangkas, toh masyarakat tak terlalu beton. Serta proyek IKN dialokasikan ke subsidi," jelasnya.

Kedua, sambung Jerry, dana korupsi Surya Darmadi senilai Rp104 triliun bisa disiita negara dan dipakai untuk subsidi. Tapi pemerintah tak menggunakan akal atau rumus short cut atau jalan pintas. Oleh karena itu uangan ada lagi kata "pro rakyat" serta hilangnya istilah: "Vox Populi Vox Dei" sudah tak berguna harga kebutuhan pokok naik di saat rakyat lagi susah dan menderita akibat Covid-19.

"Saya heran bukannya mengobati malahan lebih membuat rakyat sengsara," tandasnya.

Sementara itu Peneliti senior dari Institute for Strategic and Development (ISDS) Aminudin juga tidak setuju kenaikan harga BBM subsidi. Karena harga Pertalite harusnya turun dibawah Rp.7 ribu bukan malah naik menjadi Rp10 ribu/liter. Saat ini harga minyak dunia turun drastis. Bahkan putusan MK tahun 2003 memerintahkan pemerintah menjual minyak dibawah harga dunia.

Baca Juga: Reformasi Setengah Hati, Apa Yang Bisa Diharapkan dari Polri?

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Hendra Kurniawan Dituntut 3 Tahun Penjara

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:14 WIB

Kala Gibran Pamer Foto Bareng Maskot Jakarta

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:29 WIB

Polri: Terorisme Masih Menjadi Ancaman Pemilu 2024

Jumat, 27 Januari 2023 | 11:11 WIB

Resmi Dukung Anies, Daya Tawar Demokrat Naik

Kamis, 26 Januari 2023 | 22:34 WIB

Resmi Dukung Anies, Pengamat Sebut Demokrat Konsisten

Kamis, 26 Januari 2023 | 22:24 WIB
X