P20 Friendship Ride & Run 2022 DPR RI Jadi Momentum Penyambutan Para Ketua Parlemen Anggota G20

- Minggu, 4 September 2022 | 16:48 WIB
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar (baju putih-kanan) menyebut 'P20 Friendship Ride & Run' di kawasan Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu, 4 September 2022. Ajang ini menjadi momen 'pemanasan' untuk persiapan P20, yang akan dilaksanakan di Gedung DPR RI pada 5-7 Oktober 2022. NTV
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar (baju putih-kanan) menyebut 'P20 Friendship Ride & Run' di kawasan Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu, 4 September 2022. Ajang ini menjadi momen 'pemanasan' untuk persiapan P20, yang akan dilaksanakan di Gedung DPR RI pada 5-7 Oktober 2022. NTV

HARIANTERBIT.com - DPR RI 'P20 Friendship Ride & Run 2022', di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu (4/9/2022). Kegiatan tersebut, bertujuan untuk menyambut dan mensosialisasikan acara Parliamentary Speaker's Summit (P20) yang akan dilaksanakan pada 5-7 Oktober 2022.

Adapun acara 'P20 Friendship Ride & Run 2022' diisi dengan kegiatan lari bersama dengan jarak 3 km dan 7,7 km serta sepeda dengan jarak 17,7 km. Kemudian juga berisi hiburan seperti marching band dari Gita Sapta Bahari STIP Pelayaran Marunda, serta band dan tari dari pegawai Sekretariat Jenderal DPR RI.

"Alhamdulillah hari ini kita selenggarakan agenda sosialisasi P20 bertajuk 'P20 Friendship Ride & Run' 2022 ini bertujuan tentu adalah kita menyambut perhelatan pertemuan para ketua parlemen para anggota G20. Penting untuk kita sampaikan kepada masyarakat bahwa DPR RI selain menjadi tuan rumah, juga punya banyak agenda yang akan dibahas untuk kebaikan dunia ini. Sehingga acara ini kita selenggarakan dengan harapan, masyarakat semua pada tahu bahwa G20, salah satunya ada P20," ujar Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI Indra Pahlevi di halaman Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu, 4 September 2022.

Friendship Ride and Fun yang digelar DPR RI di kawasan Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu, 4 September 2022, berlangsung meriah.
Friendship Ride and Fun yang digelar DPR RI di kawasan Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu, 4 September 2022, berlangsung meriah.

Baca Juga: Menko Airlangga: Pemerintah Perkuat Stok Beras dan Bahan Pangan Tersedia Hingga Akhir Tahun 2022

Melalui kegiatan 'P20 Friendship Ride & Run' yang berisi kegiatan lari dan bersepeda, diharapkan pejabat dan pegawai yang memiliki hobi berolahraga lari dan juga sepeda dapat turut ikut bersama-sama membantu mensosialisasikan acara P20. Terlebih, penyelenggaraan dilakukan pada hari Minggu yang mana juga ada kegiatan car free day di Kawasan Sudirman, Jakarta, dimana di situ terdapat banyak orang yang menjalani olahraga. Sehingga diharapkan orang-orang dapat melihat dan mengetahui akan adanya perhelatan P20.

Persiapan P20 sendiri menurut Indra sudah mulai dilaksanakan. Selain melalui acara 'P20 Friendship Ride & Run', sosialisasi juga dilakukan dengan pemasangan beberapa baliho dan videotron.

"Ada juga semacam talkshow dan melalui platform semua di media sosial juga, kita akan sampaikan rencana kegiatan pertemuan Ketua Parlemen anggota G20 atau disebut P20. Mudah-mudahan nanti semakin mendekati hari H maka, sosialisasinya akan kita masifkan akan kita gencarkan,” ucap Indra.

Baca Juga: Hasil Survei: Dipasangkan dengan Ganjar atau Anies, Airlangga Capres Teratas

Bersama dengan Wakil Ketua DPR RI Korkesra Gus Muhaimin, Sekjen DPR RI Indra Iskandar, Deputi Bidang Persidangan Sumariyandono dan peserta lainnya, Indra juga turut meramaikan acara dengan mengikuti sepeda bersama.

"Alhamdulillah ya, walaupun kita biasa naik sepeda tentu auranya berbeda ya, dengan Pimpinan DPR, dengan para Anggota, dengan Sekjen, dan semua komunitas sepeda yang ada di DPR, ini luar biasa saya sangat excited. Luar biasa Pak Muhaimin kuat, Pak Sekjen Kuat, Pak Deputi kuat dan sangat bahagia semua,” tutur Indra dengan semangat usai mengikuti lomba sepeda.

Pacu Semangat

Disisi lain, Pekan 'P20 Friendship Ride & Run' DPR RI, disebut bisa memacu semangat seluruh pegawai di Sekretariat Jenderal DPR RI dalam menyambut momentum Parliamentary Speakers' Summit (P20) sebagai bagian dari rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 5-7 Oktober 2022.

Baca Juga: Saat Inang-inang di Toba Doakan Puan Jadi Pemimpin Indonesia

Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar. Menurutnya, acara 'P20 Friendship Ride & Run' sekaligus menjadi momen 'pemanasan' untuk persiapan P20, yang akan dilaksanakan di Gedung DPR RI.

"Ini bertepatan momen hari ulang tahun DPR RI yang jatuh pada 29 Agustus, tapi kita mencari hari yang pas agar bisa dihadiri oleh banyak orang. Di samping itu juga, ini adalah momen 'pemanasan' untuk persiapan P20 yang akan dilaksanakan di Gedung DPR RI pada 6-7 Oktober 2022. Tentu kita ingin memacu semangat bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan Ketua-Ketua Parlemen," ujar Indra di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu, 4 September 2022.

Dia mengungkapkan, pada pertemuan P20 Oktober mendatang, diperkirakan akan dihadiri sekitar 50-60 Ketua Parlemen dari seluruh dunia. Indra mengungkapkan, meskipun peserta P20 terdiri dari 20 parlemen negara, namun banyak parlemen yang juga ingin hadir menjadi peninjau. Indra menambahkan pihaknya juga sudah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut P20, dan saat ini sudah pada tahap pelelangan PCO (Professional Conference Organizer).

Baca Juga: Anies Masuk Lima Besar MUSRA Relawan Jokowi

"Kita sudah melakukan review waktu acara IPU (Inter-Parliamentary Union) di Bali pada Maret lalu, yang oleh seluruh parlemen dunia dipuji dalam teknisnya. Jadi di P20 ini, kita sudah melakukan review dan evaluasi di Bali seperti apa tentu kita ingin menyempurnakan itu. Sekarang ini, fase baru, kita sedang melakukan pelelangan untuk PCO, pelaksana kegiatan tersebut," jelasnya.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPU Ungkap 19 Caleg Dinyatakan Psikopat

Jumat, 9 Juni 2023 | 10:51 WIB
X