• Selasa, 4 Oktober 2022

KPK Amankan Dokumen Perusahaan Mardani Maming

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:11 WIB
Tersangka kasus dugaan suap izin usaha pertambangan di Tanah Bumbu Mardani H Maming (tengah) mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Kamis (28/7/2022). (Antara)
Tersangka kasus dugaan suap izin usaha pertambangan di Tanah Bumbu Mardani H Maming (tengah) mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Kamis (28/7/2022). (Antara)

HARIANTERBIT.com - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi menyita sejumlah dokumen saat menggeledah perusahaan milik Mardani Maming.

Dokumen tersebut akan dianalisis dan disita sebagai barang bukti kasus suap pengalihan Izin Usaha Pertambangan yang membuat eks Bupati Tanah Bumbu itu menjadi tersangka.

"Seluruhnya akan dianalisis dan segera dilakukan penyitaan," ujar Pelaksana Tugas Juru bicara KPK Ali Fikri, Jumat, 19 Agustus 2022.

Baca Juga: Menko Airlangga: Tingkatkan Strategi Integritas dan Kepatuhan Bisnis, Cegah Risiko Korupsi di Tengah Krisis

Ali tidak menjelaskan detail, soal jenis dokumen yang disita itu. KPK menggeledah PT Batu Licin Enam Sembilan yang diduga milik Mardani pada Kamis, 18 Agustus 2022.

KPK menetapkan Maming menjadi tersangka suap pengalihan Izin Usaha Pertambangan di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan pada 2011. Maming diduga menerima suap dari pemilik PT Prolindo Cipta Nusantara Henry Soetio yang saat ini sudah meninggal.

Maming diduga berperan memperlancar proses peralihan izin usaha pertambangan itu. Padahal peralihan itu melanggar Undang-undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara.

Baca Juga: BEM SI: Kapolri Harus Tuntaskan Kasus Pembunuhan Brigadir J Secara Seksama dan dalam Tempo yang Singkat

Setelah PT PCN beroperasi dalam penambangan batu bara, Maming diduga mendirikan beberapa perusahaan yang difasilitasi dan dibiayai oleh PT PCN.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK Sebut Formula E Masih Tahap Penyelidikan

Senin, 3 Oktober 2022 | 14:58 WIB
X