• Selasa, 4 Oktober 2022

Terkait Kasus Josua Hutabarat, Pemerintah Diminta Kaji Tugas Kepolisian

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 14:59 WIB
Ketua Umum Yayasan Putra Puri Tapanuli Sedunia Capt. Dr.Anton Sihombing, MM
Ketua Umum Yayasan Putra Puri Tapanuli Sedunia Capt. Dr.Anton Sihombing, MM

HARIANTERBIT.com - Pemerintah dan instansi terkait perlu segera cermat mengkaji tugas Kepolisian, sehingga lebih professional dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Bila perlu dikaji lebih mendalam dalam sebuah seminar dengan mengundang peserta dari berbagai ahli, sehingga ditemukan hasil yang terbaik.

Bahan dari seminar itulah, yang dijadikan pemerintah sebagai kebijakan dan keputusan untuk menentukan arah dan tugas Kepolisian ke depan.

Baca Juga: Menko Airlangga: Tingkatkan Strategi Integritas dan Kepatuhan Bisnis, Cegah Risiko Korupsi di Tengah Krisis

Ketua Umum Yayasan Putra Puri Tapanuli Sedunia Capt. Dr.Anton Sihombing, MM menyatakan hal itu kepada wartawan, Kamis (18/8/2022) di Jakarta, terkait kasus meninggalnya Brigade Novryiansyah Josua Hutabarat, yang beritanya merebak sampai ke belahan dunia.

Anton Sihombing menegaskan, tidak tertutup kemungkinan instansi Kepolisian menyatu ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sehingga langsung dengan pemerintah Pusat maupun Daerah karena anggota POLRI adalah Aparatur Sipil Negara (ASN).

Doktor Managemen Ilmu Pemerintahan dan Ketua Dewan Pengawas Universitas Nomensen dan dosen Paska Sarjana Universitas Setiagama ini mengharapkan agar dicoba dikaji bahwa Polri itu adalah penegak hukum yang berbeda dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), Tentara Nasional Angkatan Laut (TNI AL) dan Tentara Nasional Angkatan Udara (TNI AU), yang memiliki sistem Komando.

Baca Juga: BEM SI: Kapolri Harus Tuntaskan Kasus Pembunuhan Brigadir J Secara Seksama dan dalam Tempo yang Singkat

Artinya, bisa melakukan penembakan (menembak), terutama saat perang dan ada perintah komandan dalam situasi yang membahayakan.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK Sebut Formula E Masih Tahap Penyelidikan

Senin, 3 Oktober 2022 | 14:58 WIB
X