• Selasa, 4 Oktober 2022

Pengamat: Rakyat Hormati Pemimpin Jujur

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 11:21 WIB
Prabowo Subianto, Ketua Umum Gerindra.  (instagram @gerindra)
Prabowo Subianto, Ketua Umum Gerindra. (instagram @gerindra)

HARIANTERBIT.com - Koordinator Center for Budget Analysis (CBA) Jajang Nurjaman mengatakan, permintaan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto agar rakyat percaya kepada pemimpin tidak relevan. Karena masyarakat kebanyakan saat ini bisa dikatakan bodo amat atau bahasa anak muda (EGP) emang gue pikirin terhadap pemerintahan saat ini.

"Yang harusnya diingatkan atau diberi kesadaran Prabowo adalah pemimpin kita Joko Widodo juga Prabowo sendiri serta pemangku jabatan," ujar Jajang kepada Harian Terbit, Rabu (17/8/2022).

Jajang menanggapi pernyataan Prabowo saat Sidang Tahunan MPR Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (16/8/2022) lalu yang meminta agar masyarakat untuk percaya kepada pemimpin di pemerintahan dan tidak gampang diprovokasi agar dapat menghadapi krisis global.

Baca Juga: Pasangan yang Saling Melengkapi, Anies-Puan Berpeluang Menangi Pilpres 2024

Jajang menegaskan, sudah banyak saran dan kritik terhadap pemerintah, agar pemimpin menepati janji-janjinya, kebijakan pemerintah lebih berpihak kepada rakyat kecil. Namun pemerintah saat ini terkesan seperti menutup kuping dan mata baik soal kritik bahkan penderitaan yang dialami rakyat. Padahal di tengah pandemi Covid-19 masyarakat dihadapkan dengan beragam kebijakan yang ugal-ugalan.

"Di antara program yang ugal-ugalan yakni, program Penanganan Covid-19 dan PEN dijalankan dengan tidak jelas. Bahkan banyak ditemukan penyelewengan. Untuk tahun anggaran 2020 saja terkait program PC-PEN BPK menemukan 2.843 permasalahan dengan nilai fantastis sebesar Rp2,94 triliun," jelasnya.

Belum lagi, sambung Jajang, masalah penanganan kasus korupsi yang semakin meningkat. Mulai dari Surya Darmadi dengan kasus korupsi Rp78 triliun, tapi KPK dan Kejagung dibuat tidak berdaya. Selain itu masih ada buron koruptor lainnya, seperti Harun Masiku, Ricky Ham Pagawak, Kirana Kotama, dan Bambang Sutrisno yang hingga saat ini koruptor kelas kakap tersebut masih buron.

Baca Juga: Tips Melindungi Rambut dari Sinar Matahari

"Ketidakpercayaan publik terhadap aparat penegak hukum juga semakin diperparah dengan kasus Ferdy Sambo yang menginjak-injak rasa keadilan,' tandasnya.

Diketahui seusai menghadiri penyampaian pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan RI oleh Presiden Joko WIdodo pada Sidang Tahunan MPR Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (16/8/2022), Menhan Prabowo Subianto meminta agar masyarakat bersedia untuk percaya kepada pemimpin di pemerintahan dan tidak gampang diprovokasi agar dapat menghadapi krisis global.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

KPK Sebut Formula E Masih Tahap Penyelidikan

Senin, 3 Oktober 2022 | 14:58 WIB
X