• Selasa, 4 Oktober 2022

Pasangan yang Saling Melengkapi, Anies-Puan Berpeluang Menangi Pilpres 2024

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 11:18 WIB
Ketua DPR Puan Maharani bersama Presiden jokowi, Gubernur DKI Anies Baswedan, dan Ketua MPR Bambang Soesatyo menyaksikan Formula E
Ketua DPR Puan Maharani bersama Presiden jokowi, Gubernur DKI Anies Baswedan, dan Ketua MPR Bambang Soesatyo menyaksikan Formula E

HARIANTERBIT.com - Ramai dibicarakan wacana duet Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani untuk berpasangan dalam Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menilai wacana duet Anies-Puan jika dilihat dari segi kualitatif, keduanya memang bisa menjadi pasangan yang saling melengkapi.

Alasannya, Anies Baswedan adalah figur non-partai. Sedangkan Puan memiliki partai sebesar PDI Perjuangan yang bisa mencalonkan presiden tanpa berkoalisi. Sehingga, pasangan tersebut mampu melaju di Pemilu 2024.

Baca Juga: Kapolri Perintahkan Sikat Habis Bandar dan Backing Judi

"Dari sisi latar belakang juga punya keduanya merupakan kombinasi yang unik. Puan itu politisi, Ketua DPR yang juga pernah jadi Menko. Kemudian Anies adalah akademisi yang sekarang menjadi kepala daerah. Keduanya juga punya keturunan yang sama-sama cucu pahlawan nasional," kata Burhanuddin di Jakarta, Kamis (18/8/2022).

"Meski dari segi kualitatif memang menjanjikan, dari segi kuantitatifnya perlu dites, apakah keduanya punya daya tarik. Dan bisa diterima segmen pemilih masing-masing," jelasnya.

Duet Potensial

Pengamat Politik dari Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie berpendapat Anies Baswedan dan Puan Maharani merupakan pasangan potensial bila berduet di Pilpres 2024.

Baca Juga: Pelapor Perkara Dirut Meratus Line Minta Perlindungan LPSK

"Saya pikir semua bisa terjadi dalam politik. Saat ini baik partai dan para capres bergerilya mencari simpati partai dan publik," kata Jerry di Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

KPK Sebut Formula E Masih Tahap Penyelidikan

Senin, 3 Oktober 2022 | 14:58 WIB
X