• Selasa, 4 Oktober 2022

Ma'ruf Cahyono: Konstitusi Harus Mampu Beradaptasi Menghadapi Tantangan Global

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 08:03 WIB
Sekretaris Jenderal MPR Dr. Ma'ruf Cahyono, SH, MH
Sekretaris Jenderal MPR Dr. Ma'ruf Cahyono, SH, MH

HARIANTERBIT.com - Sekretaris Jenderal MPR Dr. Ma'ruf Cahyono, SH, MH, berharap peringatan Hari Konstitusi pada 18 Agustus 2022 dengan tema Konstitusi sebagai landasan bagi kebangkitan ekonomi Indonesia, pasca-pandemi bisa menjadikan konstitusi sebagai kaidah dan hukum dasar dalam rangka membangun masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia.

“Harapannya, perekonomian kita ke depan semakin maju, adil dan produktif sehingga kita bisa merespons trend dan isu isu global. Karena itulah, maka sebagai konstitusi yang hidup, tidak hanya menjadi suatu dokumen, tetapi responsif dan mampu beradaptasi dengan perubahan-perubahan, mampu memanfaatkan peluang, dan menghadapi tantangan-tantangan khususnya tantangan global saat ini, yang serba tidak pasti,” kata Ma’ruf Cahyono usai peringatan Hari Konstitusi dan HUT Ke-77 MPR RI di Gedung Nusantara IV Kompleks MPR/DPR/DPD, Jakarta, Kamis, 18 Agustus 2022.

Baca Juga: Ketum Golkar: Proklamasi Kemerdekaan RI Ajarkan Kita Kolaborasi, bukan Polarisasi

Peringatan Hari Konstitusi dan HUT Ke-77 MPR RI ini dihadiri Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin, seluruh Pimpinan MPR, Ketua DPR Puan Maharani, Pimpinan DPR dan Pimpinan DPD, Pimpinan Lembaga Tinggi Negara, Menkopolhukam Mahfud MD, Menko PMK Muhadjir Effendy, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, Pimpinan Fraksi dan Kelompok DPD di MPR, Badan Pengkajian MPR, dan Komisi Kajian Ketatanegaraan.

Ma’ruf menjelaskan peringatan Hari Konstitusi sekaligus memperingati HUT Ke-77 MPR RI merupakan rangkaian agenda ketatanegaraan setelah Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR – DPD pada 16 Agustus 2022.

Tema peringatan Hari Konstitusi tahun ini adalah Konstitusi sebagai landasan bagi kebangkitan ekonomi Indonesia pasca-pandemi.

Baca Juga: Pesan Kemerdekaan AHY, Hasil Perjalanan ke 34 Provinsi: Kita Songsong Masa Depan Indonesia yang Lebih Baik

Dalam sambutan peringatan Hari Konstitusi dan HUT Ke-77 MPR RI, Ketua MPR Bambang Soesatyo menyebutkan pandemi Covid-19 telah meluluhlantakan kesehatan sekaligus menghantam pereknomian dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Setelah lebih dari dua tahun bergulat dengan pandemi, secara umum negara-negara di dunia bisa mengatasi pandemi ini dengan baik. Kesehatan masyarakat mulai pulih dan kehidupan dalam batas-batas tertentu mulai normal.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK Sebut Formula E Masih Tahap Penyelidikan

Senin, 3 Oktober 2022 | 14:58 WIB
X