• Senin, 26 September 2022

Tak Anggap ada Persoalan Hukum, LPSK Tetap Tak Laporkan Dugaan Upaya Suap dari Ferdy Sambo

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 16:32 WIB
Wakil Ketua LPSK Susilaningtias
Wakil Ketua LPSK Susilaningtias

HARIANTERBIT.com - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) tidak mempersoalkan secara hukum upaya suap yang diduga dilakukan Irjen Ferdy Sambo. LPSK memilih fokus memberikan perkindungan kepada Bharada Richard Eliezer alias Bharada E.

Wakil Ketua LPSK Susilaningtias mengatakan LPSK tidak menemukan permasalahan dalam upaya suap tersebut. Menurutnya hal itu akan menjadi persoalan jika dua amplop cokelat yang diduga berisi uang itu diterima staf LPSK.

"Kami gak ada problem kecuali staf kami menerima itu baru kami proses. Tapi ini faktanya tidak demikian," katanya di kantor LPSK, Jakarta Timur, Kamis, 18 Agustus 2022.
 
 
Susilaningtias menegaskan pihaknya tidak akan membawa upaya suap ke jalur hukum. Selain tengah fokus memberikan perlindungan Bharda E sebagai justice collaborator, LPSK juga belum menelaaah upaya yang dilakukan staf Irjen Ferdy Sambo tersebut masuk kategori suap atau gratifikasi.
 
"Karena gak ada problem hukum di situ bagi kami. Kami belum sempat menganalisis sebenarnya apakah ini percobaan suapkah, percobaan gratifikasikah. Kita belum sampai ke situ menganalisisnya," terang Susilaningtias. 
 
Sebelumnya seorang anggota LPSK disodori dua amplop cokelat saat berada di kantor Propam Polri pada 13 Juli 2022. Saat itu seorang staf kantor tersebut mengatakan amplop itu adalah titipan dari 'Bapak'. 
 
 
Anggota LPSK tersebut lalu menolak tanpa melihat isi amplop setebal 1 sentimeter itu.
 

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Lukas Enembe Tak Penuhi Panggilan KPK, Suaranya Mengecil

Senin, 26 September 2022 | 14:50 WIB

GIAK: Hentikan Diskriminatif Penanganan Kasus Impor Baja

Senin, 26 September 2022 | 07:54 WIB

Doa dan Zikir Akbar Mak Ganjar Untuk Pemilu 2024

Senin, 26 September 2022 | 07:21 WIB
X