• Senin, 26 September 2022

LPSK: Rutan Bareskrim Tidak Ideal Buat Bharada E

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 16:03 WIB
Bharada E. (Tangkapan layar tangkapan layar  YouTube Pakde)
Bharada E. (Tangkapan layar tangkapan layar YouTube Pakde)

HARIANTERBIT.com - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menilai Rutan Bareskrim bukan tempat ideal bagi Bharada Richard Eliezer atau Bharada E sebagai justice collaborator. Idealnya Bharada E ditempatkan di ruang tahanan khusus. 

Juru bicara LPSK Rully Novian mengatakan seharusnya terdapat rumah tahanan secara khusus bagi justice collaborator yang dilindungi LPSK. Rutan khusus tersebut dimaksudnya untuk memudahkan perlindungan dan pengamanan. 
 
"Idealnya bahwa ke depan ada semacam rumah tahanan khusus bagi JC dan itu pasti akan memudahkan pengamanan perlindungan yang dilakukan LPSK. Itu diharapkan ke depan seperti itu," katanya di kantor LPSK, Jakarta Timur, Kamis, 18 Agustus 2022.
 
 
Bharada E saat ini ditahan di Rutan Bareskrim sejak ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Saat ini status Bharada E sebagai terlindung LPSK sebagai justice collaborator. 
 
Dalam memberikan perlindungan kepada Bharada E LPSK bekerjsama dengan Bareskrim Polri. Namun pengawasan dan pengawalan dilakukan LPSK. 
 
"Sejak Jumat perlindungan darurat sudah jalan LPSK sudah menempatkan pengamanan pengawalan yang sementara kita koordinasikan dengan Bareskrim. Tapi orang-orang LPSK, pamwalnya LPSK," imbuhnya. 
 
Rully mengakui hingga saat ini belum ada rumah tahanan khusus bagi justice collaborator. LPSK sudah pernah membicarakan wacana rutan di LPSK dengan Kementerian Hukum dan HAM. Namun kewenangan administrasi terhadap semua rutan ada di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas)
 
 
"Sampai hari ini LPSK belum punya rumah tahanan. Karena kan begini semua rumah tahanan di bawahnya Dirjenpas mau yang di kejaksaan, mau yang di kepolisian. Sebenarnya administrasinya di bawah Dirjenpas," imbuh Rully. 
 

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Lukas Enembe Tak Penuhi Panggilan KPK, Suaranya Mengecil

Senin, 26 September 2022 | 14:50 WIB

GIAK: Hentikan Diskriminatif Penanganan Kasus Impor Baja

Senin, 26 September 2022 | 07:54 WIB

Doa dan Zikir Akbar Mak Ganjar Untuk Pemilu 2024

Senin, 26 September 2022 | 07:21 WIB
X