• Senin, 26 September 2022

Diduga Hendak Suap LPSK, MAKI: Irjen Sambo Bisa Dipidana

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 15:09 WIB
Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.  (ikbal muqorobin)
Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. (ikbal muqorobin)

HARIANTERBIT.com - Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mengatakan, Irjen Ferdy Sambo bisa dipidana terkait perbuatan percobaan suap kepada petugas Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Sambo, tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J diduga hendak menyuap LPSK agar bisa melindungi Putri Candrawathi, istrinya.

"Dalam kasus suap, tindak pidana korupsi itu mengenal percobaan, itu sama dengan perbuatan telah terjadi. Jadi yang mencoba suap itu sama dengan suap," kata Boyamin Saiman, melalui pesan pendek yang diterima, Rabu (17/8/2022).

Boyamin menegaskan, pandangan sejumlah pakar hukum pidana menganggap percobaan suap sama dengan sudah suap. "Jadi dianggap sempurna, karena bagian dari korupsi," jelasnya.

Baca Juga: Bongkar Polisi Nakal Bekingi Narkoba, Judi dan Main Perempuan, Ketua IPW Sugeng Mengaku Dalam Bahaya

"Mestinya sudah dikenakan pidana siapapun yang memberi, menyediakan uang, maka bisa dicari," sambungnya.

Boyamin mengatakan, dalam hukum pidana korupsi, perbuatan percobaan menyuap petugas LPSK itu, walau ditolak, sudah bisa diproses. "Karena dalam kasus dugaan suap pada LPSK itu gagal karena dikembalikan oleh yang menerima. Jadi suap ya sudah finish, sudah sempurna, sudah terjadi. Gagalnya kan setelah diberikan," ucap Boyamin.

Membantah

Sementara itu, kuasa hukum Ferdy Sambo, Irwan Irawan membantah pemberian dua amplop coklat kepada staf LPSK. Menurut Irwan, dia telah bertanya kepada kuasa hukum lainnya, Arman Hanis mengenai pemberian suap itu. "Waktu itu kan Arman kan sempat mendampingi kalau tidak salah ya, tapi konfirmasi dari Pak Arman tidak ada peristiwa itu," kata Irwan.

Perbuatan yang diduga percobaan suap oleh Ferdy Sambo itu dibenarkan oleh Wakil Ketua LPSK Susilaningtias. Susi mengatakan, staf LPSK yang berkunjung ke kantor Kepala Divis Profesi dan Pengamanan (Divpropam) Polri pada 13 Juli 2022 lalu diberi amplop oleh orang yang diduga suruhan Ferdy Sambo.

Baca Juga: Elektabilitas Masih Rendah, Puan Bakal Kalah Jika Berlaga di Pilpres 2024

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Lukas Enembe Tak Penuhi Panggilan KPK, Suaranya Mengecil

Senin, 26 September 2022 | 14:50 WIB

GIAK: Hentikan Diskriminatif Penanganan Kasus Impor Baja

Senin, 26 September 2022 | 07:54 WIB

Doa dan Zikir Akbar Mak Ganjar Untuk Pemilu 2024

Senin, 26 September 2022 | 07:21 WIB
X