• Senin, 26 September 2022

Tumbuhkan Semangat Nasionalisme di Media Digital, Begini Caranya

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 14:02 WIB
Narasumber seminar online Peran Generasi Muda dalam Menumbuhkan Semangat Nasionalisme di Media Digital (ist)
Narasumber seminar online Peran Generasi Muda dalam Menumbuhkan Semangat Nasionalisme di Media Digital (ist)


HARIANTERBIT.com – Sejauh ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menggelar seminar online berupa Literasi Digital bertema Peran Generasi Muda dalam Menumbuhkan Semangat Nasionalisme di Media Digital.

Tiga narasumber handal dihadirkan, yakni Fadhlullah (Anggota Komisi I DPR RI), Semuel Abrijani Pangerapan BSc (Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI) dan Zainal Arifin M Nur (Pemimpin Redaksi Harian Serambi Indonesia Group Banda Aceh) serta Muhammad Riza Nurdin, PhD (peneliti di Asia-Japan Research Institute Ritsumelkan University).

Dalam paparannya, Fadhlullah mengimbau anak muda harus bisa menguasai segala bidang agar muncul pemimpin-pemimpin yang berasal dari kalangan anak muda.

Baca Juga: Perjuangan Jakarta `Ala` Anies : Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat

“Perjalanan 17 tahun Aceh tidaklah sebentar bukan sesaat, tapi poin-poin yang di tanda tangani pada perjanjian Helsinki belum terselesaikan, yang kita harapkan pada perjanjian tersebut adalah aceh memiliki undang-undang khusus yang menangani masalah-masalah yang ada di Aceh,” katanya, Rabu (17/8/2022).

Ditambahkannya, Fadhullah mendesak pemerintah khususnya Kominfo untuk pemblokiran situs-situs judi online yang merebak di Aceh.

“Mari kita selalu berdiskusi hingga di akhirnya nanti kita bisa mendapatkan ilmu yang dapat bermanfaat bagi kita selanjutnya. Di Era semakin maju bagaimana kita memanfaatkan media social sehingga kita dapat menghasilkan hal yang bermanfaat bagi pribadi kita dan juga bermanfaat bagi masyarakat yang lain nya,” tegasnya.

Hal serupa diungkapkan Semuel Abrijani Pangerapan terkait kehadiran teknologi merupakan bagian dari kehidupan masyarakat inilah yang semakin mempertegaskan bahwa Indonesia sedang menghadapi era disubsi teknologi.

“Untuk mengahadapi hal tersebut, kita semua harus mempercepat kerjasama kita dalam mewujudkan agenda trasnformasi digital Indonesia. Salah satu pilar penting yang mendukung wujudnya agenda trasnformasi digital adalah menciptakan masyarakat digital dimana kemampuan literasi digital masyarakat memegang peranan penting didalamnya,” terangnya.

Baca Juga: Dirasa Berlarut-larut, Suhendro Sebut Pengajuan PKPU Jadi Langkah Terakhir

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Terkini

Lukas Enembe Tak Penuhi Panggilan KPK, Suaranya Mengecil

Senin, 26 September 2022 | 14:50 WIB

GIAK: Hentikan Diskriminatif Penanganan Kasus Impor Baja

Senin, 26 September 2022 | 07:54 WIB

Doa dan Zikir Akbar Mak Ganjar Untuk Pemilu 2024

Senin, 26 September 2022 | 07:21 WIB
X