• Kamis, 29 September 2022

Polisi Sempat Minta LPSK Segera Beri Perlindungan Untuk Istri Ferdy Sambo

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 20:55 WIB
Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi
Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi

HARIANTERBIT.com - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mengungkapkan sempat mendapatkan desakan untuk seger memberi perlindungan kepada istri Ferdy Sambo Putri Candrawathi. Desakan itu terjadi saat LPSK diundang dalam pertemuan di Polda Metro Jaya pada 29 Juli 2022.

Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi mengatakan pertemuan tersebut dipimpin Wadirreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Jerry Raymond Siagian. 
 
"Betul dihadiri dipimpin oleh beliau (Jerry)," katanya di kantor LPSK, Jakarta Timur, Selasa, 16 Agustus 2022. 
 
 
Edwin mengatakan dalam pertemuan tersebut tidak hanya dihadiri LPSK. Institusi lain seperti Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Komnas Perempuan, KPAI, staf kantor Presiden dan LSM. 
 
"Forum itu atau kehendak dari forum itu termasuk juga pengundang adalah LPSK segera melindungi ibu PC," ungkapnya. 
 
Saat itu LPSK tidak bisa mengabulkan permintaan untuk segera melindungi Putri Candrawathi. Edwin beralasan saat itu LPSK melihat kejanggalan dalam laporan dugaan pelecehan Putri Candrawathi. Selain itu LPSK belum bisa melakukan pemeriksaan.
 
"Di sisi lain juga yang dianggap ancaman adalah pemberitaan media massa. Pemberitaan media massa yang menjadi ancaman ya silahkan sendiri hubungi Kominfo, silahkan ke dewan pers atau dia kan punya hak jawab," imbuhnya. 
 
 
Desakan agar LPSK memberikan perlindungan karena dianggap Putri Candrawathi sebagai korban pelecehan. Edwin mengatakan biasanya LPSK memberi respon cepat dalam hal memberikan perlindunga terhadap korban kekerasan seksual. 
 
Namun karena sejak awal melihat kejanggakan dan ketidakwajaran dalam kasus tersebut LPSK memilih lebih berhati-hati dalam memberikan perlindungan.
 
"Bahwa ada peristiwa pembunuhan tetapi kok gak jadi perhatian. Yang jadi perhatian kok dugaan, dugaan cabul dugaan percobaan pembuhunan. Padahal yang fakta yang tak terbantahkan ada orang meninggal dan meninggalnya karena dibunuh," terang Edwin. 
 
"Kenapa semua masalah dibebankan kepada yang meninggal. Itu menurut kami sudah suatu hal yang nggak wajar," tutup Edwin. 
 
Diketahui LPSK menolak permohonan perlindungan kepada Putri Candrawathi. Putusan tersebut diambil usai LPSK menggelar rapat pimpinan pada Senin, 15 Agustus 2022.
 
 

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

KN Pulau Dana-323 Tiba di Darwin Australia

Rabu, 28 September 2022 | 22:05 WIB
X