• Senin, 26 September 2022

Rocky Gerung: Buruk, Kinerja MK Kawal Konstitusi

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 11:01 WIB
Pengamat politik, Rocky Gerung menyebutkan jika Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani akan membawa Indonesia selangkah lagi seperti Sri Lanka. (instagram @rocky.gerungofficial)
Pengamat politik, Rocky Gerung menyebutkan jika Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani akan membawa Indonesia selangkah lagi seperti Sri Lanka. (instagram @rocky.gerungofficial)

HarianTerbit.com - Kinerja Mahkamah Konstitusi (MK) dalam mengawal dan menjaga UUD 1945 dinilai buruk. Mereka lebih memainkan peran pasif atau menunggu adanya permohonan atau Judicial Review.

Padahal, pengamat politik Rocky Gerung menyebut menurut praktek-praktek kenegararan yang berlaku di negara lain, lembaga itu juga mempunyai peran aktif, yaitu Judicial Activism.

Pengamat Politik Roky Gerung menyatakan hal itu dalam acara Sarasehan Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Syarikat Islam, Minggu dan diulangi langi kepada Harianterbit,com, Senin malam.

Menurutnya, ada kesan MK memilih berada di zona aman dan tidak lagi merasa perlu untuk melakukan terobosan dalam mengaktualisasi peran mereka sebagai penjaga kosntitusi.

Baca Juga: Ramalan Shio Hari Ini 16 Agustus 2022: Shio Babi Percayalah Pada Kemampuan Anda

“Judicial Activism itu berupa kegiatan MK untuk mencari dan menemukan hal-hal yang out of date dalam praktek-praktek konstitusi," ujar Roky Gerung dalam sarasehan kebangsaan dikutip Selasa, 16 Agustus 2022.

"Jika mereka menemukan, bisa diajukan secara diam-diam kepada pers. Sebab, kerja MK memang banyak diamnya. Perslah kemudian menyuarakan ada beberapa produk UU yang tidak sesuai dengan konstitusi, Berdasarkan berita itu, tokoh-tokoh ajukan Judical Review. Di situlah kemudian MK mengambil keputusan,” lanjutnya. 

Menurutnya, yang terjadi saat ini adalah sebaliknya, MK menerapkan sikap konservatif atas permohonan masyarakat. Dia mengambil contoh, Pasal 222 UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Baca Juga: Syuting Jailangkung Sandekala di Lokasi Angker, Titi Kamal Alami Hal Mistis: Masuk di Video!

Halaman:

Editor: Yuli Terbit

Tags

Terkini

GIAK: Hentikan Diskriminatif Penanganan Kasus Impor Baja

Senin, 26 September 2022 | 07:54 WIB

Doa dan Zikir Akbar Mak Ganjar Untuk Pemilu 2024

Senin, 26 September 2022 | 07:21 WIB

Organisasi Bayangan Nadiem Diduga Bebani Anggaran Negara

Minggu, 25 September 2022 | 16:34 WIB
X