• Senin, 26 September 2022

Periksa Ferdy Sambo dan Bharada E, Komnas HAM Turunkan Tim Kecil

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 13:55 WIB
Ahmad Taufan Damanik, Ketua Komnas HAM.   (m1)
Ahmad Taufan Damanik, Ketua Komnas HAM. (m1)
 
HARIANTERBIT.com - Komisi Nasional (Komnas) HAM akan memeriksa Irjen Ferdy Sambo dan Bharda Richard Eliezer. Komnas HAM akan memeriksa tersangka pembunuhan Brigdair Nopriansyah Yoshua Hutabarat itu di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok.
 
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan tim yang akan memeriksa Ferdy Sambo dan Bharada E tidak terdiri dari banyak orang. 
 
"Tim kecil saja," katanya saat dihubungi, Jumat, 12 Agustus 2022. 
 
 
Lebih lanjut Taufan mengatakan pemeriksaan Ferdy Sambo dan Bharada E yang dilakukan di Mako Brimob masih sesuai dengan standar operasinoal prosedur (SOP) Komnas HAM. 
 
Dia menyebut memeriksa terperiksa di tahanan bukan hal baru bagi Komnas HAM. 
 
"Mereka statusnya tahanan di Mako Brimob. Ya dan itu dimungkinkan dalam SOP kami. Dulu Irwandi Yusuf gubernur Aceh kami periksa di ruang tahanan KPK," jelas Taufan. 
 
Dedi mengatakan pemeriksaan akan dilakukan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Pemeriksaan rencananya dilakukan mulai pukul 15:00.
 
"Di Mako Brimob pukul 15.00," imbuhnya. 
 
Sebelumnya Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengungkap alasan pemeriksaan Ferdy Sambo dan Bharada E di Mako Brimob. Dia mengatakan hal itu dilakukan guna efesiensi pemeriksaan oleh Komnas HAM. 
 
"Jadi pemeriksaan FS sama Bharada E dijadikan satu di tempatnya di sana biar nggak bolak balik," jelas Dedi. 
 
 
Diketahui polisi telah menetapkan empat tersangka pembunuhan terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Mereka adalah Irjen Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer, Bripka Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf
 
Empat tersangka dijerat pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHp Jo Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP dengan ancaman maksimal hukuman mati. (ikbal)
 

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

GIAK: Hentikan Diskriminatif Penanganan Kasus Impor Baja

Senin, 26 September 2022 | 07:54 WIB

Doa dan Zikir Akbar Mak Ganjar Untuk Pemilu 2024

Senin, 26 September 2022 | 07:21 WIB

Organisasi Bayangan Nadiem Diduga Bebani Anggaran Negara

Minggu, 25 September 2022 | 16:34 WIB
X