• Selasa, 4 Oktober 2022

Survei: Prabowo Mengungguli Ganjar dan Anies

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 10:52 WIB
Menhan Prabowo Subianto
Menhan Prabowo Subianto

HARIANTERBIT.com - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi sebagai calon presiden dibanding tokoh lainnya. Menteri Pertahanan ini mengungguli Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno.

Demikian hasil survei Indonesia Polling Stations (IPS) yang dirilis pada Rabu (10/8/2022). Disebutkan, elektabilitas Prabowo mencapai 30,2 persen. Mengungguli Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Ketika kepada responden kami tanyakan, seandainya saat ini dilaksanakan pilpres siapa yang akan dipilih? Sebanyak 30,2 persen mengaku akan memilih Prabowo Subianto," ucap peneliti IPS, Alfin Sugianto.

Baca Juga: Survei IPS: Kepuasan Publik Menurun, Peneliti: Kinerja Jokowi Bidang Ekonomi Jeblok

Di bawah Prabowo ada Ganjar dengan elektabilitas sebesar 19,8 persen dan Anies 18,9 persen. Disusul Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno masing-masing 7,2 persen dan 5,7 persen.

Ada beberapa nama lain seperti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Erick Thohir, Puan Maharani, Airlangga Hartarto, dan Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas di bawah 5 persen.

Menurut Alfin, tidak ada perubahan signifikan dari hasil survei IPS sebelumnya. Menurut dia, hanya Prabowo yang mengalami peningkatan elektabilitas.

Survei IPS dilakukan selama 1-8 Agustus terhadap 1.220 responden yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Survei dilakukan dengan metode wawancara tatap muka.

Pengambilan sampel survei dilakukan melalui teknik acak bertingkat atau multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Ganjar dan Anies

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

KPK Sebut Formula E Masih Tahap Penyelidikan

Senin, 3 Oktober 2022 | 14:58 WIB
X