• Selasa, 4 Oktober 2022

RAS Ditetapkan Sebagai Tersangka, Dijerat Pasal TPPU

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 01:45 WIB
Kepala Biro Penerangan Umum Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan
Kepala Biro Penerangan Umum Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan

HARIANTERBIT.com - Rionald Anggara Soerjanto (RAS) ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penggelapan dan atau penipuan di PT Asli Rancangan Indonesia.

Penetapan yang dilakukan Dittipideksus Bareskrim Polri ini dilakukan usai gelar perkara.

Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, kasus ini diduga terjadi sejak tahun 2018 hingga 2021 di Jakarta dan beberapa kota lainnya di Indonesia. Kasus ini mengakibatkan kerugian dengan nilai mencapai Rp 37,4 miliar.

Baca Juga: Seperti Jokowi Pilih Hari Penting Rabu 'Keramat', KIB Daftar KPU pada Hari Rabu

"Dalam praktiknya, RAS merekrut orang untuk seolah-olah bekerja memasarkan produk PT. Asli Rancangan Indonesia, serta mengarahkan pembayaran fee pemasaran produk kepada orang yang tidak berhak," ujar Ramadhan kepada wartawan, Rabu, 10 Agustus 2022.

Penyidik sudah melakukan pemeriksaan sebanyak 26 orang saksi. Polisi masih terus menyelidiki kasus ini. "Dari kasus ini, penyidik Dittipideksus Bareskrim Polri telah melakukan pemeriksaan terhadap 26 orang saksi dan 1 orang saksi ahli," bebernya.

Rionald Anggara Soerjanto diketahui pernah memenuhi undangan Bareskrim Polri pada Kamis 2 Juni 2022, untuk diperiksa sebagai saksi.

Baca Juga: Airlangga: Golkar Partai Pemenang Terbanyak Total Pemilu di Indonesia

"Dipanggil sebagai saksi (terlapor) dalam perkara dugaan tindak pidana penipuan dan atau penggelapan di PT Asli Rancangan Indonesia," kata Dirtipideksus Brigjen Whisnu Hermawan kepada wartawan, Kamis (2/6/2022).

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK Sebut Formula E Masih Tahap Penyelidikan

Senin, 3 Oktober 2022 | 14:58 WIB
X