• Selasa, 4 Oktober 2022

Jadi Justice Collaborator, Keterangan Bharada E Harus Dikawal Sampai Pengadilan

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 01:23 WIB
Rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan. Polisi menyebut  di rumah ini sebelumnya terjadi penembakan yang berujung pada tewasnya Brigadir J.  (ikbal muqorobin)
Rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan. Polisi menyebut di rumah ini sebelumnya terjadi penembakan yang berujung pada tewasnya Brigadir J. (ikbal muqorobin)

HARIANTERBIT.com - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) meminta agar Polri memfasilitasi pertemuan dengan Bharada Richard Eliezer alias Bharad E. 

Pertemuan dimaksudkan untuk memperoleh keterangan atas permohonan perlindungan yang diajukan Bharada E usai mengajukan diri menjadi justice collaborator dalam kasus kematian Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J

"Saya rasa ini harus difasilitasi oleh Polri. Kami ingin bertemu Bharada E," kata Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi di kantornya, Jakarta Timur, Rabu, 10 Agustus 2022.

Baca Juga: Tersangka Pembunuhan Brigadir J, Watak Bharada E Menurut Weton: Teguh pada Aturan

Edwin menjelaskan LPSK ingin mendengar secara langsung perubahan keterangan dari Bharada E. LPSK sudah lima kali bertemu dengan Bharada E saat memproses permohonan perlindungan yang pertama. 

"Kami ingin bertanya langsung dengan Bharada E untuk mendengar langsung keterangan yang berubah itu. Dan memastikan bahwa keterangan itu signifikan untuk mengungkap perkara jauh lebih terang tentang siapa saja pelakunya, siapa pelaku utama, perannya apa saja motifnya apa," beber Edwin. 

Lebih lanjut Edwin menjelaskan perlindungan terhadap Bharada E sebagai justice collaborator bukan hanya soal keselamatan jiwanya. Konsistenai keterangan Bharada E harus dikawal sampai ke pengadilan.

Baca Juga: Anggota Brimob Bawa Koper ke Bareskrim, Diduga Barang Bukti di Kasus Brigadir J

"Kita jangan hanya lihat hari ini, hari ini ada di proses penyidikan tetapi 3 sampai 4 bulan ke depan dia akan menjadi pihak di pengadilan. Pertanyaannya? apakah Bharada E, kita harapkan tetap selamat, apakah Bharada E tepat mempertahankan keterangan di BAP hari ini atau tidak," terang dia. 

LPSK membangun kedekatan dan komunikasi dengan pihak terlindungnya salah satunya agar tetap mempertahankan keterangannya. Itu juga yang akan dilakukan terhadap Bharada E jika permohonan perlindungan Bharada E sebagai justice collaborator dikabulkan LPSK.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

KPK Sebut Formula E Masih Tahap Penyelidikan

Senin, 3 Oktober 2022 | 14:58 WIB
X