• Rabu, 28 September 2022

Jalin Kekuatan Baru, Perpusnas Kolaborasi dengan TNI

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 22:11 WIB
Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando (ist)
Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando (ist)


HARIANTERBIT.com - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjalin kerja sama bidang perpustakaan dengan Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) guna menggalang kekuatan baru.

Kepala Perpusnas menyampaikan, kerja sama yang dijalin oleh Perpusnas dan TNI ini merupakan suatu kekuatan baru dalam menyiapkan sumber-sumber bahan bacaan untuk masyarakat.

Baca Juga: Sapa Penggemar, U'noia Band Andalkan Album Kita dan Cinta

"Kami merasa mendapatkan kekuatan baru. Karena kami tahu kekuatan TNI sampai pelosok. Bukan hanya menjaga teritorial, tetapi lebih pada paradigma bagaimana membantu menyejahterakan masyarakat Indonesia. Dengan kerja sama ini, kami akan siap mendukung menyediakan sumber informasi yang terbaru, terpercaya, dan terkini," ungkapnya, saat penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando, dengan Panglima TNI yang diwakili oleh Asisten Komunikasi dan Elektronika Panglima TNI, Marsda TNI Agus M. Bahron, Selasa (9/8/2022).

Syarif menambahkan, paradigma perpustakaan kini telah berubah dan berkembang. Peran perpustakaan sebagai manajemen koleksi hanya 10 persen, sedangkan sebagai manajemen pengetahuan hanya 20 persen, dan 70 persen peran perpustakaan sebagai transfer pengetahuan.

"Saya kira peran TNI dalam Manunggal Rakyat itu sangat penting sesuai dengan paradigma perpustakaan saat ini," katanya.

Baca Juga: Istri Irjen Ferdy Sambo Diperiksa untuk Cari Motif Penembakan Brigadir J

Dikatakan, Perpusnas sebagai lembaga pemerintah non kementerian memiliki tugas untuk merumuskan kebijakan di bidang perpustakaan dalam menginformasikan tentang perkembangan dunia ilmu pengetahuan kepada seluruh elemen masyarakat.

"Kehadiran bapak-bapak dari TNI saat ini, menjadi suatu kekuatan tersendiri dalam membangun sinergitas dalam memastikan orientasi pengembangan kita ke depan, bergeser dari perang kekuatan fisik terhadap perang kekuatan berpikir," lanjutnya.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Terkini

KN Pulau Dana-323 Tiba di Darwin Australia

Rabu, 28 September 2022 | 22:05 WIB
X