• Senin, 8 Agustus 2022

Peduli Lingkungan, Ganjar Bareng Pramuka Tanam 3.500 Bibit Mangrove di Pantai Mangunharjo

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 15:20 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menanam 3.500 bibit mangrove dan cemara laut ditanam di kawasan Pantai Mangunharjo, Kota Semarang.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menanam 3.500 bibit mangrove dan cemara laut ditanam di kawasan Pantai Mangunharjo, Kota Semarang.

HARIANTERBIT.com - Sebanyak 3.500 bibit mangrove dan cemara laut ditanam di kawasan Pantai Mangunharjo, Kota Semarang. Penanaman dipimpin Gubernur Jawa Tengah Ganjar-Pranowo">Ganjar Pranowo selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Pramuka provinsi ini.

Ganjar memulai dengan olahraga jalan kaki dari Taman Lele, Tambakaji, Ngaliyan. Sepanjang rute 10 kilometer, Ganjar berjalan sambil menyapa warga yang sedang beraktivitas pagi.

Baca Juga: Buktikan Tetap Solid, KIB Daftar ke KPU Bersama, Airlangga: Ini Babak Baru Menuju Pemilu 2024

Sesekali Ganjar juga meladeni warga yang melintas dan berhenti untuk sekadar menyapa, bersalaman, atau meminta foto. Memasuki kawasan Pantai Mangunharjo, Ganjar menyapa para nelayan.
Selain anggota Kwartir Daerah (Kwarda) Jateng, penanaman juga diikuti TNI, Polri, Lanal, Perhutani, siswa Polimarin, dan sejumlah relawan lainnya.

Ganjar mengatakan, penanaman yang diinisiasi Kwarda Jateng itu sebagai bentuk kolaborasi menjaga ekosistem laut. Sekaligus, merawat bibir pantai yang terancam penurunan tanah. Ganjar mencontohkan dua bangunan permanen di sekitar kawasan penanaman yang sebagian mulai tenggelam.

Baca Juga: Menko Airlangga: Ekonomi Indonesia Tumbuh Impresif di Tengah Ketidakpastian dan Krisis Global

“Kalau gerakan ini terus disampaikan lebih banyak lagi, ini cara kita meng-handle kondisi lingkungan, yang mudah-mudahan kita bisa melakukan perbaikan, restorasi,” kata Ganjar seusai acara.

Salah satu contoh penanaman yang dinilainya mulai terlihat hasilnya ada di Pantai Selatan Kebumen.

Ganjar berharap, gerakkan ini dilakukan secara kontinyu dan diikuti kelompok lainnya.
Contoh lain dari gerakan serupa, adalah kebijakan di perguruan tinggi negeri di Semarang. Di perguruan tinggi negeri tersebut, mahasiswa baru punya kewajiban melakukan penanaman pohon.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HNW Mengutuk Keras Israel Yang Kembali Meneror Gaza

Minggu, 7 Agustus 2022 | 20:32 WIB

Vaksinasi Booster Untuk Anak Harus Dipercepat

Minggu, 7 Agustus 2022 | 15:39 WIB
X