• Rabu, 10 Agustus 2022

Dinilai Tak Berdiam Diri, HRS Masih Miliki Pengaruh Politik di Pilpres 2024

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 21:29 WIB
Habib Rizieq Shihab
Habib Rizieq Shihab

HARIANTERBIT.com - Pasca bebasnya Habib Rizieq Shihab (HRS), berbagai kalangan kerap bertanya-tanya perihal bagaimana sikap HRS dalam menyikapi momentum pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Terkait hal itu, Pengamat Politik Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin meyakini eks Imam Besar FPI tersebut masih punya pengaruh politik. Namun menurutnya, pengaruh politik HRS dalam Pemilu 2024 tidak akan terlalu besar.

"Saya yakin masih ada, tetapi tidak sebesar dulu. Seperti yang kita tahu, FPI-nya sudah dibubarkan," ujar Ujang di Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Baca Juga: Menteri ‘Nyapres’ Harus Mundur

Menurutnya, pengaruh HRS juga tidak akan sebesar 2019 lantaran kondisi politik tanah air yang kian bergeser. Selain itu, dirinya juga menduga pengaruh HRS akan sangat tipis lantaran ada potensi terbentuk 3-4 poros koalisi parpol untuk Pilpres 2024.

"Jadi, dukungan itu akan menyebar ke banyak calon. HRS bisa jadi salah satu tokoh berpengaruh lantaran Pilpres 2019 hanya ada 2 pasang calon yang berhadap-hadapan," kata dia.

Dirinya mengaku tidak mengetahui kemana dukungan atau pengaruh HRS akan berlabuh. Menurutnya, HRS punya kalkulasi sendiri untuk menentukan siapa yang akan diberi dukungan.

"Saya melihat belum ada dukungan dari HRS untuk siapa pun, mulai dari Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan," tuturnya.

Tak Berdiam Diri

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai, HRS tak mungkin berdiam diri pada Pilpres 2024. Menurutnya, eks pimpinan FPI itu akan melakukan penetrasi bagi kandidat capres maupun partai politik (parpol) yang seiman dengannya.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Jalin Kekuatan Baru, Perpusnas Kolaborasi dengan TNI

Selasa, 9 Agustus 2022 | 22:11 WIB
X