• Rabu, 10 Agustus 2022

Menteri ‘Nyapres’ Harus Mundur

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 21:20 WIB
Ilustrasi Pilpres
Ilustrasi Pilpres

HARIANTERBIT.com - Pengamat politik Jerry Massie meminta menteri yang maju sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024 untuk mundur saja dari jabatan. Jika tidak mundur akan terjadi salah komunikasi dan salah pengertian.

Saat ini ada empat menteri yang digadang - gadang sejumlah relawan untuk maju di Pilpres 2024. Mereka adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) juga mempertanyakan alasan Partai Garuda yang menggugat UU Nomor 7 Tahun Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Pasal 170 Ayat (1) terkait frasa "pejabat negara". Partai Garuda menginginkan agar menteri bisa maju di Pilpres 2024 tanpa harus mundur dari jabatannya.

Baca Juga: Anggota Komisi III DPR Desak Kadiv Propam Polri Usut Pelanggaran Etik Para Oknum Polisi di Kasus Brigadir J

"Gugatan itu hanya menguntungkan satu sisi yakni si menteri yang sedang menjabat," ujar Jerry di Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Dia mempertanyakan kapasitas Partai Garuda melakukan gugatan, karena parpol itu tidak punya menteri di Kabinet Indonesia Maju. "Kalau Golkar dan Gerindra atau partai yang kadernya duduk di kabinet, maka masih masuk akal," terangnya.

Fasilitas Negara

Pengamat politik Rusmin Effendi mengatakan, 4 menteri yang sudah meminta izin Presiden Jokowi untuk mencalonkan diri dalam Pilpres 2024 harusnya mundur dari kabinet. Hal tersebut dilakukan guna menghindari dari penggunaan fasilitas negara untuk mengampanyekan dirinya sebagai capres.

"Idealnya harus mundur atau cuti dari kabinet ketika menjadi calon presiden. Masak mau gunakan fasilitas negara untuk menjadi capres," ujar pengamat politik Rusmin Effendi kepada Harian Terbit, Kamis (4/8/2022).

Rusmin menegaskan, empat menteri kabinet yang akan bertarung di Pilpres 2024 sebaiknya legowo mengundurkan diri dari jabatannya. Karena keempat menteri tersebut merupakan pejabat negara yang harusnya mengetahui dan faham atas etika dan aturan yang berlaku. Jangan gunakan fasilitas negara untuk kepentingan pribadi.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Jalin Kekuatan Baru, Perpusnas Kolaborasi dengan TNI

Selasa, 9 Agustus 2022 | 22:11 WIB
X