• Rabu, 10 Agustus 2022

Pengamat: Cari Aktor Intelektual Membantu Kaburnya Surya Darmadi

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 12:30 WIB
Surya Darmadi, buronan kelas kakap yang rugikan negara Rp78 tiriliun, diduga berada di Singapura. (Dwi Narwoko)
Surya Darmadi, buronan kelas kakap yang rugikan negara Rp78 tiriliun, diduga berada di Singapura. (Dwi Narwoko)

HARIANTERBIT.com - Koordinator Forum Kajian Isu Strategis Negara Demokrasi (Forum KoSSNed), Erlangga Abdul Kalam menegaskan, pihak yang harus bertanggung jawab atas lepasnya Surya Darmadi, tersangka kasus korupsi ke Singapura adalah imigrasi, kepolisian, kejaksaan dan KPK. Seseorang tidak akan bisa berpergian ke luar atau masuk ke dalam negara tanpa menggunakan paspor.

"Karena paspor merupakan syarat tetap bagi setiap warga negara yang ingin bebergian antar negara, tanpa terkecuali," ujar Erlangga kepada Harian Terbit, Rabu (3/8/2022).

Erlangga menuturkan, jika setiap tersangka kasus korupsi di Indonesia berhasil lolos ke luar Negeri, diduga ada permainan gelap yang dilakukan oknum-oknum instansi dan lembaga. Apalagi dalam kasus seperti Surya Darmadi ini bukanlah kali pertama terjadi di Indonesia.

Baca Juga: Pasangan Pemimpin Negarawan dan Cerdas, Duet Prabowo-Rizal Ramli Berpeluang Menang Pilpres

"Ada banyak hal serupa terjadi, Seperti Eddy Tansil, Sjamsul Nursalim, Bambang Sutrisno, Eko Adi Putranto, Agus Anwar, Hendra Purwanto, Anton Tantular, Hesham Al-Waraq, Rabat Ali Rizvi, Hari Matalata, Lidya Muchtar dan sebagainya," ungkapnya.

"Saya kira dibelakangnya ada aktor intelektual yang melakukan persekongkolan jahat dengan tersangka korupsi. Tanpa persekongkolan itu saya yakin aksi buron kabur ke luar negeri tidak akan pernah terjadi," tandasnya.

Aktor Intelektual

Sementara itu, Koordinator Gerakan Perubahan (Garpu) Muslim Arbi mengatakan, kaburnya Surya Darmadi ke Singapura, tersangka alih fungsi lahan di Riau dipastikan ada pihak yang meloloskannya baik oknum di KPK maupun di Kejaksaan. Oleh karena itu Kejaksaan dan KPK perlu kerjasama dengan pihak Imigrasi untuk mencari tahu Surya Darmadi.

Baca Juga: Alasan Ferdy Sambo Minta Masyarakat Tak Berasumsi Kasus Tewasnya Brigadir J

"Cari siapa yang membocorkan upaya penangkalan Surya Dramadi yang tersangkut alih fungsi hutan di Riau yang rugikan negara sekitar Rp 74 Triliun. Itu yang pertama perlu di telusuri oleh KPK maupun kejaksaan," ujar Muslim Arbi kepada Harian Terbit, Rabu (3/8/2022).

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Jalin Kekuatan Baru, Perpusnas Kolaborasi dengan TNI

Selasa, 9 Agustus 2022 | 22:11 WIB
X