• Selasa, 29 November 2022

Rocky Gerung Apresiasi Polri yang Kedepankan Scientific dalam Kasus Brigadir J

- Senin, 1 Agustus 2022 | 19:45 WIB
Rocky Gerung
Rocky Gerung

HARIANTERBIT.com -Akademisi dan Intelektual Publik, Rocky Gerung menilai, langkah kepolisian dalam memproses kasus baku tembak ajudan di rumah dinas Kepala Divisi Propam Nonaktif, Irjen Ferdy Sambo berjalan profesional dan transparan.

"Saya kira kepolisian masih dalam tahap profesionalisme, yakni mengakui bahwa ada dua korban dalam kasus ini," ujar Rocky saat dihubungi wartawan, Senin, 1 Agustus 2022.

Baca Juga: Ifdal Kasim: Sikap Apriori Pengacara Keluarga Brigadir J Terhadap Kerja Komnas HAM Perkeruh Investigasi

Ia menjelaskan, korban pertama tentu Brigadir J alias Yosua. Dia menjadi korban dan karena itu tubuhnya akan punya hak untuk mengucapkan jejak kriminalitas melalui bahasa yang disebut sebagai autopsi.

Forensik, lanjut Rocky, adalah bahasa dari korban untuk mengucapkan apa yang telah terjadi pada tubuhnya, dengan keahlian forensik, korban berbicara kepada para ahli.

"Jadi ini yang kita harus hormati, bahwa hak korban meski telah menjadi jenazah, dia bisa tetap mengucapkan pengetahuan dia tentang apa yang terjadi pada tubuhnya melalui ilmu forensik," jelas Rocky.

Baca Juga: Selain Aman dan Efisien, Dokumen Elektronik Juga Sah Dimata Hukum

Menurut salah satu Founder Setara Institute ini, kini semua pihak secara profesional telah tiba pada satu titik kesepakatan, bahwa scientific research akan menjadi cara yang digunakan untuk mengungkapkan peristiwa kematian Brigadir J.

Kemudian soal korban kedua, yakni istri Irjen Ferdy Sambo. Menurutntya, perlindungan terhadap korban kedua harus dihargai sebagai hak privasi yang memerlukan proteksi hukum, dan itu berlaku di dalam prinsip human rights, terutama yang disebut hak asasi perempuan.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Artikel Terkait

Terkini

DPR Pastikan Pencopotan Hakim Aswanto Sesuai Mekanisme

Senin, 28 November 2022 | 16:12 WIB

Polisi Amankan 15 Orang Terlibat Makar

Senin, 28 November 2022 | 12:02 WIB

Gempa Cianjur, Korban Meninggal Dunia 321 Orang

Senin, 28 November 2022 | 11:51 WIB
X