• Minggu, 25 September 2022

Kumpulkan Relawan di Istana Bogor, Dr Jerry: Jokowi Gagal Paham soal Fungsi Istana Negara

- Senin, 1 Agustus 2022 | 12:08 WIB
Jokowi bersama relawan di Istana Bogor, Jumat 29 Juli 2022
Jokowi bersama relawan di Istana Bogor, Jumat 29 Juli 2022

HARIANTERBIT.com – Pengamat politik Dr. Jerry Massie, PhD mengkritik langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kembali bertemu dengan sejumlah kelompok relawan pendukungnya. Dalam pertemuan yang digelar di Istana Bogor, Jumat (29/7/2022) kemarin, Jokowi berbicara terkait situasi ekonomi dan meminta bantuan para loyalisnya untuk turut berperan mendongkrak perekonomian nasional.

“Secara eksistensi dan esensi saya kira ada unsur menggoda relawan tetap mendukung Jokowi dan saya nilai ada harapan untuk tiga periode. Bagi saya ini drama Jokowi setelah di periode pertama dan diakhir periode kedua baru dia mengundang berkumpul para pendukungnya,” kata Jerry Massie kepada Harian Terbit, Minggu (31/7/2022).

Direktur Politial and Public Policy Studies (P3S) ini menilai tidak ada urgensinya para relawan berkumpul di Istana. Bahkan, kata Jerry, Jokowi gagal paham soal fungsi Istana Negara. Apalagi jika pertemuan tersebut menggunakan anggaran negara untuk menjamu para relawannya.

Baca Juga: Pasangan Suami Istri Pencuri Motor Ditangkap

“Yang saya pertanyakan anggaran ini anggaran negara atau pribadi? Berkumpulnya para relawan ini merupakan kepentingan pribadi atau kelompok? Dan ini agenda apa? Tiga periode atau bagaimana lantaran masa jabatan Jokowi tinggal 2 tahun. Atau berkumpulnya para relawan akan diarahkan mendukung Ganjar,” tuturnya.

Menurut Jerry, Jokowi harusnya mengundang para relawannya di rumah pribadi bukan di Istana. Apalagi jika pertemuan tersebut bersifat pribadi.
“Ini kan urusan pribadi bukan urusan negara jadi aneh saja Jokowi mengumpulkan mereka. Bagi saya sebaiknya relawan ini dibubarkan sebelum kepemimpinan Jokowi berakhir. Kalau dilihat fungsi istana negara maka Jokowi melakukan sebuah kesalahan,” ungkapnya.

“Kita tahu bersama fungsi Istana Negara sebagai pusat kegiatan pemerintahan negara, istana menjadi tempat penyelenggaraan acara-acara yang bersifat kenegaraan, seperti pelantikan pejabat-pejabat tinggi negara, pembukaan musyawarah dan rapat kerja nasional, pembukaan kongres bersifat nasional dan internasional, dan tempat jamuan. Tapi ini Jokowi langgar,” tandasnya.

Baca Juga: Survei: Pemilih Partai Politik Tak Puas Kinerja Jokowi

Dipertanyakan

Direktur Eksekutif Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), Kunto Adi Wibowo juga menilai langkah Jokowi yang tiba-tiba mengumpulkan relawan ini patut dipertanyakan. Kunto menduga ada dua hal yang mendasari hal tersebut.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Organisasi Bayangan Nadiem Diduga Bebani Anggaran Negara

Minggu, 25 September 2022 | 16:34 WIB
X