• Minggu, 25 September 2022

Pensiunan Minta Perbaikan Penghasilan, Masih Ada yang Di Bawah UMP

- Jumat, 22 Juli 2022 | 11:45 WIB
Ketua Persatuan Pensiunan Indonesia (PPI) Bambang Setiadi saat memberikan sambutan dalam kongres pensiunan yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu (20/7/2022). 
Ketua Persatuan Pensiunan Indonesia (PPI) Bambang Setiadi saat memberikan sambutan dalam kongres pensiunan yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu (20/7/2022). 

HARIANTERBIT.com - Persatuan Pensiunan Indonesia (PPI) meminta pemerintah melakukan perbaikan penghasilan pensiun mengingat saat ini masih ada yang penghasilan per bulan lebih rendah dari Upah Minimum Provinsi (UMP).

"Gaji pensiun itu di bawah minimum untuk hidup layak. Artinya, para pensiunan menua dengan suasana yang berat,” kata Ketua PPI Bambang Setiadi di Jakarta, Kamis, di tengah penyelenggaraan Kongres PPI yang berlangsung 20-22 Juli.

Menurut Bambang, nasib pensiunan usia 70 di negara lain dapat dilihat dalam survei tahunan "Global Pension Index" yang mengukur kesejahteraan pensiunan di seluruh dunia dengan tiga parameter, yaitu integritas, kecukupan dan keberlanjutan.

Baca Juga: Akibat Depresi dan Merasa Malu, Siswa SD Meninggal Usai Dipaksa Setubuhi Kucing

“Dari tiga parameter itu angka Indonesia semua berada di bawah rata-rata dunia, juga masih jauh tertinggal dari nilai negara tertinggi,” kata Bambang.

Menurut Bambang, tidak mungkin masalah yang dialami hampir empat juta pensiunan hanya ditangani oleh satu unit, satu sektor atau satu organisasi saja.

"Ini yang lantas melahirkan PPI yang dideklarasikan pada 17 Maret lalu," kata Bambang.

Bambang menyampaikan PPI akan dikelola dengan memperhatikan dan bekerjasama dengan organisasi pensiunan internasional.

Baca Juga: Pengamat: Banyak Analisis Hanya Buat Senang Pemerintah  

"Jumlah anggota yang besar dan tersebar di seluruh Indonesia akan dikelola menggunakan teknologi IT, baik untuk pengelolaan administrasi anggota dan juga sarana pendukung untuk kemudahan, keuntungan dan dukungan keringanan bagi pensiun," kata Bambang dilansir Antara.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Organisasi Bayangan Nadiem Diduga Bebani Anggaran Negara

Minggu, 25 September 2022 | 16:34 WIB
X