• Kamis, 1 Desember 2022

Komunikolog Sarankan Kapolri Bentuk Tim SCI Independen untuk Ungkap Fakta Penembakan Brigadir J

- Rabu, 20 Juli 2022 | 16:58 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Pikiran Rakyat)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Pikiran Rakyat)

HARIANTERBIT.com - Komunikolog Universitas Pelita Harapan (UPH) Prof Emrus Sihombing menyarakan Kapolri Listyo Sigit Prabowo untuk membentuk Tim Investigasi Khusus menggunakan pendekatan instrumen Scientific Crime Investigation (SCI) dalam mengungkap kasus polisi tembak polisi.

“Saya menyarankan satu-satunya untuk menuntaskan kasus ini adalah dengan pendekatan Scientific Crime Investigation (SCI) yang lepas dari pengaruh jabatan dan kepentingan lainnya,” ujar Emrus Sihombing di Jakarta,  Rabu, 20 Juli 2022.

Baca Juga: Survei Indopol: Anies AHY Menang Pilpres di Semua Skenario Koalisi, Efek Ketidakpuasan Atas Kinerja Pemerintah

Menurutnya, dengan digunakannya pendekatan SCI, nantinya data itu sendiri yang akan berbicara. Termasuk di dalamnya tentang siapa saja yang terlibat, siapa aktor utama, siapa peran pembantu, dan bagaimana prosesnya.

Emrus menambahkan, hanya pendekatan dengan menggunakan instrumen SCI yang mampu mengungkap kasus dugaan penembakan Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo.

Baca Juga: Menko Airlangga Tegaskan Minyak Sawit Solusi bagi Krisis Pangan dan Energi Dunia di Forum Menteri CPOPC

Pendekatan SCI ini sekaligus menjawab serta menghentikan berbagai asumsi subjektif yang kemungkinan semakin liar ke depan.

Lebih jauh, guru besar yang akrab disapa Bang Emrus ini mengusulkan tim SCI terdiri dari para doktor krimonologi, ilmu kepolisian, komunikolog, sosiolog, antropolog, ilmu hukum dan psikologi dari luar struktur kepolisian agar independen.

Baca Juga: Mardani H Maming Tidak Juga Ditangkap dan Ditahan, Ada Apa dengan KPK?

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Diminta Lakukan Reshuflle Kabinet

Rabu, 30 November 2022 | 23:49 WIB

DPR Akan Tetap Sahkan RKUHP Meski Mendapat Penolakan

Rabu, 30 November 2022 | 23:43 WIB

Meski Mendapat Penolakan, DPR Tetap Akan Sahkan RKUHP

Rabu, 30 November 2022 | 11:40 WIB

Survei: AHY Cawapres, Anies Menang Pilpres 2024

Rabu, 30 November 2022 | 11:34 WIB
X