• Kamis, 1 Desember 2022

Survei Indopol: Anies AHY Menang Pilpres di Semua Skenario Koalisi, Efek Ketidakpuasan Atas Kinerja Pemerintah

- Selasa, 19 Juli 2022 | 08:34 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketum Partai Demokrat AHY. Twiter #AHYdiTVone
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketum Partai Demokrat AHY. Twiter #AHYdiTVone

HARIANTERBIT.com - Survei Indopol merekam Gubernur DKI Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi pasangan yang diperkirakan akan paling banyak meraup dukungan masyarakat. Anies-AHY unggul dalam skenario koalisi tiga poros maupun empat poros.

Menariknya, meskipun secara individu, elektabilitas kedua tokoh ini bukan yang paling tinggi, tapi ketika digabungkan, efek elektabilitas keduanya terlihat saling menguatkan, sehingga justru bisa melampaui pasangan calon-calon lain, dengan berbagai kombinasi.

Baca Juga: Romo Benny Sebut Tim Investigasi Polisi Tembak Polisi Kerja Objektif dan Profesional, Ini Alasannya

Ini tercermin dalam survei tatap muka yang dilakukan lembaga survei Indopol pada 24 Juni - 1 Juli 2022. Dengan jumlah sampel sebanyak 1.230 responden di 34 provinsi, survei ini dilakukan dengan metodologi acak bertingkat (multistage random sampling), dengan margin of error +/- 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei ini menguji kombinasi berbagai pasangan, berdasarkan skenario empat poros, yaitu PDIP, Gerindra-PKB, Demokrat-Nasdem-PKS, dan Golkar-PPP-PAN; serta skenario tiga poros yaitu: PDIP-Golkar-PPP-PAN, Gerindra-PKB, dan Demokrat-Nasdem-PKS.

Baca Juga: Pengacara Beberkan Bukti-bukti Mengejutkan Terkait Kematian Brigadir J di Rumah Irjen Ferdy Sambo

Dalam skenario 4 poros, simulasi 1, pasangan Anies AHY, yang diusung Demokrat-Nasdem-PKS, unggul dengan perolehan suara 34,7 persen, mengalahkan pasangan Prabowo-Muhaimin (20,1 persen) yang diusung Gerindra dan PKB; pasangan Puan-Erick yang diusung PDIP diperkirakan memperoleh 4,88%, sedangkan pasangan Airlangga-Khofifah yang diusung Golkar-PPP-PAN berada pada urutan paling buncit dengan 3,82 persen.

Masih dengan skenario 4 poros, tapi jika pasangan Airlangga diganti dengan Ganjar Pranowo, maka hasilnya diperkirakan naik menjadi 22 persen, tapi masih belum bisa mengungguli pasangan Anies AHY yang memperoleh 30,1 persen, sekaligus mengalahkan pasangan Prabowo-Muhaimin yang memperoleh 17,4 persen sedangkan pasangan Puan-Erick yang didukung PDIP berada di nomor buncit dengan perolehan suara yang turun menjadi 2,93 persen.

Baca Juga: Percaya Penyelidikan Kepolisian, Aksi 1000 Lilin Untuk Joshua Hutabarat Batal

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Diminta Lakukan Reshuflle Kabinet

Rabu, 30 November 2022 | 23:49 WIB

DPR Akan Tetap Sahkan RKUHP Meski Mendapat Penolakan

Rabu, 30 November 2022 | 23:43 WIB

Meski Mendapat Penolakan, DPR Tetap Akan Sahkan RKUHP

Rabu, 30 November 2022 | 11:40 WIB

Survei: AHY Cawapres, Anies Menang Pilpres 2024

Rabu, 30 November 2022 | 11:34 WIB
X