• Minggu, 25 September 2022

Ganjar Pranowo Diapresiasi Pedagang Bakso Karena Cepat Tangani Kenaikan Harga Cabai dan Bawang

- Senin, 18 Juli 2022 | 16:59 WIB
Asosiasi Pedagang Mi dan Bakso Seluruh Indonesia (Apmiso) memberikan apresiasi kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Asosiasi Pedagang Mi dan Bakso Seluruh Indonesia (Apmiso) memberikan apresiasi kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

HARIANTERBIT.com - Asosiasi Pedagang Mi dan Bakso Seluruh Indonesia (Apmiso) mengapresiasi langkah Gubernur Jawa Tengah Ganjar-Pranowo">Ganjar Pranowo yang mampu menurunkan harga cabai dan bawang merah, yang sempat melambung tinggi.

Selain itu, politisi berambut putih itu memberikan subsidi kepada para pedagang mie dan bakso, dengan membeli cabai dan bawang merah langsung dari petani dengan harga jauh lebih rendah dibanding pasaran.

Ketua Umum Apmiso Nasional, Lasiman menuturkan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo sangat solutif menyikapi harga cabai dan bawang yang melambung tinggi, dengan memerintahkan Dinas Ketahanan Pangan setempat untuk menggelar operasi pasar. Hasilnya, harga dua komoditas tersebut langsung turun.

Baca Juga: Romo Benny Sebut Tim Investigasi Polisi Tembak Polisi Kerja Objektif dan Profesional, Ini Alasannya

“Soal cabai dan bawang merah, Pemprov Jateng langsung menggelar semacam operasi pasar, karena harga tidak menentu dan tinggi. Ini (operasi pasar) sesuai perintah Pak Gubernur,” ujarnya.

Dikatakan, setelah dilakukan operasi pasar yang dikoordinatori Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, harga dua komoditas tersebut langsung turun. Cabai rawit yang harga sebelumnya sekitar Rp75 ribu per kilogram menjadi Rp60 ribu per kilogram.

Begitu juga dengan harga bawang merah yang mulanya Rp60 ribu menjadi Rp45 ribu per kilogram. Tentu, penurunan harga tersebut berdampak positif bagi pedagang mi dan bakso.

Baca Juga: Survei Poligov: Jadi Semangat Perbaikan, Elektabilitas Demokrat Kukuh Pada Posisi Tiga Besar

“Cabai dan bawang merah jadi salah satu yang penting pada komponen mi dan bakso. Jadi, kalau harga tinggi sangat berpengaruh terhadap biaya produksi dan penghasilan. Oleh karena peran Pak Ganjar, pedagang mi dan bakso dapat harga jauh lebih murah,” paparnya.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Organisasi Bayangan Nadiem Diduga Bebani Anggaran Negara

Minggu, 25 September 2022 | 16:34 WIB
X