• Rabu, 28 September 2022

Kasad Minta 292 Praja Lulusan Akmil Jadi Prajurit Pemberani

- Jumat, 15 Juli 2022 | 13:23 WIB
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman

HARIANTERBIT.com - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman meminta kepada 292 prajurit remaja (praja) lulusan Akademi Militer (Akmil) agar menjadi prajurit petarung.

Permintaan tersebut disampaikan Jenderal TNI Dudung saat memberikan pengarahan kepada 292 praja lulusan Akmil yang baru dilantik oleh Presiden Joko Widodo, di Mabesad, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2022).
 
"Saya tekankan kepada mereka, kalian harus jadi petarung, harus seperti jagoan, dan harus jadi pemberani karena tantangan tugas ke depan tidak makin mudah, tetapi makin sulit dan penuh dengan dinamika," ujar Jenderal TNI Dudung.

Baca Juga: YKMI Desak Kemenkes Patuhi Putusan MA Soal Booster Halal
 
Dudung berharap para perwira remaja dapat melaksanakan tugas sesuai dengan tugas pokoknya. Karena ke depan akan terbuka lapangan yang harus diarungi para perwira remaja. Apalagi ke depan perjalanan-perjalanan dinamika kehidupan akan sangat kompleks. Oleh karena itu, jangan takut di dalam menghadapi risiko.

"Jangan gentar terhadap situasi apa pun karena sebagai ksatria-ksatria muda prajurit harus tegar dalam menghadapi cobaan," tegasnya.
 
Dalam pengarahannya, mantan Pangkostrad ini meminta perwira remaja harus berpikir dan bertindak sebagai seorang perwira. Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah memberi amanat jadilah para perwira remaja sebagai kesatria-kesatria muda yang berani dan tangguh di dalam menghadapi perubahan zaman yang selalu berubah.

Baca Juga: Polri Periksa Pelapor Dugaan Pencabulan Anggota DPR

Dalam kesempatan itu, Dudung juga mengingatkan agar perwira remaja tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang dapat merusak citra TNI, khususnya TNI AD. Karena tidak jarang perwira perwira muda yang tergelincir bukan karena sandungan batu yang besar, melainkan karena kerikil-kerikil kecil. Banyak masalah, terutama masalah harta, tahta bahkan wanita.
 
Sebagai seorang perwira muda yang ada di batalion, kata Dudung, tidak menutup kemungkinan, baik di luar maupun di dalam, ada yang mencoba mengganggu mereka. Oleh karena itu jangan merasa paling cakap dan merasa paling segalanya. Karena justru dengan hal sepele maka bisa terjebak.
 Meski demikian, mantan Pangdam Jaya ini mengingatkan agar prajurit tidak takut menghadapi segala risiko.
 
"Jangan takut kalian menghadapi risiko. Akan tetapi, kalau hati nurani kita kuat, apa pun yang kita hadapi kira harus berani, termasuk menghadapi risiko. Jika langit mendung, bukan berarti tidak ada awan, tidak ada matahari. Jika kalian sedang kalap, bukan berarti tidak punya harapan. Awan pun akan bergeser dan mentari akan bersinar," tuturnya.

Pada acara pengarahan Kasad kepada Paja TNI AD 2022 di Mabesad, Kasad menyediakan fasilitas kepada para orang tua Paja lulusan Akademi Militer tahun 2022 untuk tidak kehilangan momentum terbesar dan membahagiakan dalam kehidupan putra-putrinya, Kasad mengundang para orang tua untuk bersama-sama mengikuti acara Prasetya Perwira (Praspa) secara live streaming di Lapangan Mabesad melalui layar megatron, kemudian memberikan kesempatan kepada orang tua untuk menemui putra-putrinya yang telah dilantik menjadi Perwira.

Baca Juga: Kasus Polisi Tembak Polisi, KontraS: Penuh Kejanggalan dan Terkesan Ditutup-tutupi

Para orang tua dari para Paja TNI AD yang hadir di Mabesad menyambut gembira dan memberikan apresiasinya yang luar biasa kepada Kasad atas gagasan penyelenggaraan acara tersebut. Hal tersebut terlihat jelas dari antusiasme orang tua dan keluarga para Paja untuk datang dan memenuhi lapangan Mabesad serta menyambut putra-putri mereka dengan yel-yel yang telah dipersiapkan.

Dalam kesempatan tersebut Kasad yang didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Rahma Dudung Abdurachman memberikan bingkisan sebagai tali asih kepada perwakilan Paja, yaitu Letda Inf Rafi Naufal Afriansyah, S. Tr (Han), sebagai peraih Adhi Makayasa, Letda Cba (K) Virly Luthfita Andini, S. Tr (Han)., sebagai peraih Anindya Wiratama dan kepada Letda Cpn Haswin Akbar Muhammad, S. Tr (Han)., sebagai peraih Aditya Pinasti.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banyak Dikiritik, Program Kompor Listrik Dibatalkan

Rabu, 28 September 2022 | 09:25 WIB

DPR Desak KPK Jemput Paksa Lukas Enembe

Rabu, 28 September 2022 | 08:55 WIB
X