• Selasa, 31 Januari 2023

Rocky Gerung Minta Publik Hormati Hak Istri Ferdy Sambo yang Jadi Korban Pelecehan Seksual

- Kamis, 14 Juli 2022 | 21:57 WIB
Rocky Gerung
Rocky Gerung

HARIANTERBIT.com - Akademisi dan intelektual publik, Rocky Gerung ikut menyoroti peristiwa tertembaknya Brigadir J oleh Barada E di rumah Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri, Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta.

Apalagi dalam peristiwa itu juga menyangkut Putri Chandrawati, istri Irjen Ferdy Sambo.

Pendiri Setara Institute itu menilai, pers dan masyarakat luas harus bisa membedakan bahkan memisahkan antara informasi yang faktual dan sensasional dalam peristiwa baku tembak di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo.

Baca Juga: Relawan Airlangga Bina Ratusan Anak Jalanan di Bogor

"Hal penting adalah memisahkan apa yang sebetulnya sedang diteliti secara scientific oleh pihak kepolisian dan apa yang terlanjur dikonsumsi oleh publik sebagai hal yang sensasional," kata Rocky saat dihubungi wartawan, Kamis, 14 Juli 2022.

Di dalam penjelasan pertama, sambung Rocky, publik mengetahui terdapat korban tewas dalam kasus baku tembak tersebut. Jadi wajar pihak keluarga yang tewas meminta hak pertanggungjawaban hukum atas tewasnya anggota keluarga mereka.

Baca Juga: Kasus Korupsi LNG di Pertamina, KPK Cegah 4 Orang Pergi ke Luar Negeri

Fakta lainnya adalah, soal peristiwa pelecehan seksual yang mengawali insiden baku tembak tersebut. Oleh karena itu, perlindungan terhadap korban pelecehan seksual, dalam hal ini istri Irjen Ferdy Sambo juga harus dihormati bersama.

"Jadi privasi dan memproteksi hak asasi manusia dalam hal ini perempuan yang menjadi korban (pelecehan seksual) itu harusnya dihormati oleh pers. Publik juga harus menghindari untuk mengonsumsi hal-hal yang sensasional," jelasnya.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Putri dan Bharada E Jalani Sidang Replik

Senin, 30 Januari 2023 | 12:33 WIB

Unjuk Rasa Aremania 107 Orang Ditangkap

Senin, 30 Januari 2023 | 12:30 WIB
X