• Jumat, 7 Oktober 2022

Pilpres 2024, Duet Anies Puan Bisa Menang Satu Putaran

- Selasa, 12 Juli 2022 | 11:23 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani saat mengajak Gubernur DKI Anies Baswedan foto bersama.  (instagram @puanmaharaniri)
Ketua DPR RI Puan Maharani saat mengajak Gubernur DKI Anies Baswedan foto bersama. (instagram @puanmaharaniri)

HARIANTERBIT.com - Wacana duet berpasangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani untuk berlaga di kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) 2024 kerap berhembus.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menilai wacana duet Puan-Anies jika dilihat dari segi kualitatif, keduanya memang bisa menjadi pasangan yang saling melengkapi.

Alasannya, Anies Baswedan adalah figur non-partai. Sementara Puan memiliki partai besar PDI Perjuangan yang bisa mencalonkan presiden tanpa berkoalisi.

Baca Juga: DPP PBB Salurkan 1000 Paket Kurban untuk 5 Wilayah di DKI 

Sehingga, pasangan tersebut dinilainya mampu melaju di Pemilu 2024.

"Dari sisi latar belakang keduanya merupakan kombinasi yang unik. Puan itu politisi, Ketua DPR yang juga pernah jadi Menko. Kemudian Anies adalah akademisi yang sekarang menjadi kepala daerah. Keduanya juga punya keturunan yang sama-sama cucu pahlawan nasional," kata Burhanuddin dalam acara diskusi daring yang digelar Indikator Politik Indonesia, Senin (11/7/2022).

Disisi lain menurutnya, dari segi kuantitatif, wacana duet tersebut masih perlu diuji. Terutama perihal keduanya memiliki daya tarik pemilih karena segmentasi pemilih pada Puan dan Anies berbeda.

"Meski dari segi kualitatif memang menjanjikan, dari segi kuantitatifnya perlu dites, apakah keduanya punya daya tarik. Dan bisa diterima segmen pemilih masing-masing," jelasnya.

Satu Putaran

Disisi lain, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia turut mengomentari wacana duet Anies Baswedan dan Puan Maharani untuk menjadi calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Ia menilai, pasangan ini bisa memenangkan Pilpres 2024 dengan satu putaran saja.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Kasad Jenguk Korban Peristiwa Kanjuruhan Malang

Kamis, 6 Oktober 2022 | 16:45 WIB
X