Pengamat: Buktikan Kinerja Terbaik, Wajar Airlangga Diinginkan Publik Jadi Capres 2024

- Kamis, 7 Juli 2022 | 13:37 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto

HARIANTERBIT.com—Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Suparji Ahmad menilai munculnya nama Airlangga dalam sejumlah survei menunjukkan tokoh dengan bukti kinerja semakin diinginkan masyarakat untuk menjadi calon presiden. Menurut Suparji, temuan Dinamika Survei Indonesia (DSI) relevan dengan apa yang terjadi saat ini.

Yakni, masyarakat semakin cerdas untuk memilih kandidat capres yang sudah menunjukkan kinerjanya selama bekerja. Ia mengatakan, wajar Airlangga saat ini menjadi sosok yang diinginkan masyarakat karena telah membuktikan kinerjanya sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Baca Juga: Kisah Zakiah Alatas: Awalnya Takut, Lama Kelamaan Cinta sebagai Kader Tuberkulosis 

Posisi Airlangga saat ini sangat krusial di pemerintahan. Selain sebagai Menteri yang membidangi perekonomian, Ketua Umum DPP Partai Golkar ini juga menjadi sosok sentral dalam penanganan pandemi Covid-19 sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

“Hasil survei menjadikan peluang Airlangga sebagai capres 2024 terus meningkat, karena dia itu telah membuktikan dalam kinerjanya baik sebagai Menko Perekonomian dan Ketum Golkar,” tutur Suparji dalam keterangan, Kamis, 7 Juli 2022.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Fokus Benahi Jateng Saat Masuk Bursa Menteri PANRB

Sebelumnya, DSI menempatkan nama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai tokoh yang dianggap paling berintegritas oleh 2.050 responden. Nama Airlangga mengungguli sejumlah tokoh yang dinilai bakal menjadi calon presiden lainnya pada Pilpres 2024.

Dalam survei DSI, kualitas tertinggi kepemimpinan diukur dari integritas tokoh menduduki jabatan publik. Airlangga dipilih sebanyak 89,80 persen responden sebagai bakal capres berintegritas.

Di posisi kedua, muncul nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan 78,80 persen, disusul KSAD Dudung Abdurachman dengan 78,10 persen. Selanjutnya, muncul nama-nama seperti Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Puan Maharani.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Langkah Pemerintah Hingga Sukses Tangani Pandemi

Jumat, 27 Januari 2023 | 22:10 WIB

Hendra Kurniawan Dituntut 3 Tahun Penjara

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:14 WIB

Kala Gibran Pamer Foto Bareng Maskot Jakarta

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:29 WIB

Polri: Terorisme Masih Menjadi Ancaman Pemilu 2024

Jumat, 27 Januari 2023 | 11:11 WIB
X