• Rabu, 28 September 2022

Inskontusional, TNI Aktif Jadi Pj Kepala Daerah

- Rabu, 6 Juli 2022 | 11:55 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

HARIANTERBIT.com– Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Benni Irwan menjelaskan status Achmad Marzuki yang kini menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Bidang Hukum dan Kesatuan Bangsa.

Benni menegaskan, Achmad Marzuki telah mengundurkan diri dan pensiun dari dinas aktif keprajuritannya di TNI.

"Jadi adanya anggapan Pak Achmad Marzuki itu masih menjabat sebagai anggota TNI aktif itu sama sekali tidak benar. Beliau sudah tidak lagi sebagai anggota TNI aktif, dan sekarang menduduki jabatan Staf Ahli Menteri di Kemendagri,” ujar Benni, Selasa, 5 Juli 2022.

Birokrasi

Peneliti senior Komite Pemantau Legislatif (KOPEL) Syamsudin Alimsyah mengatakan, adanya Pj Kepala Daerah diisi TNI aktif menjadi bukti reformasi birokrasi yang ada di Indonesia telah berjalan. Adanya TNI aktif jadi Pj Kepala Daerah, bukan soal kapasitas. Namun soal apakah tepat TNI aktif menjadi Pj Kepala Daerah.

"Sejak reformasi kita ini menata kelembagaan kembali pada fungsinya masing masing. TNI jaga keamanan negara. Jaga ancaman dari luar. Polri kamtibmas dari dalam," papaprnya.

Menurutnya, jika TNI dan Polri ingin ikut berpolitik maka harus pensiun. Ikut pilkada juga harus mundur. Mengapa mereka mundur? Karena jabatan mereka jabatan politik. Bahkan jauh sebelumnya Indonesia telah mencabut dwi fungsi ABRI. Namun yang terjadi saat ini malah tiba - tiba membenarkan Pj Kepala Daerah dengan alasan karena bekerja di luar induknya.

"Ini logika apa dipakai. Emang status TNI-nya sudah gugur. Mereka PLT Bupati atau Gubernur emang bukan jabatan politis hanya karena PLt? Jangan kita lupa sejarah dan semangat menata reformasi birokrasi itu. Birokrasi iya birokrasi. TNI iya TNI atau Polri. Itu pilihan. Jangan karena alasan ditugaskan lalu menjadi benar.

Dulu zaman Soeharto, kepala daerah banyak dari TNI karena alasan negara dalam kondisi tidak aman. Sekarang alasannya apa iya?" tanyannya.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KN Pulau Dana-323 Tiba di Darwin Australia

Rabu, 28 September 2022 | 22:05 WIB
X