• Rabu, 10 Agustus 2022

Kuliah di UNM Lewat Beasiswa, Polwan Cantik Anak Buruh Tani Ini Jadi Inspirasi

- Jumat, 1 Juli 2022 | 20:07 WIB
Rumaniyah (Polwan cantik) yang kuliah di Universitas Nusa Mandiri (UNM) (dok)
Rumaniyah (Polwan cantik) yang kuliah di Universitas Nusa Mandiri (UNM) (dok)


HARIANTERBIT.com – Sejauh ini bukan hal mustahil apapun bisa terjadi di dunia, selama masih bisa diusahakan. Mungkin itu kalimat yang cocok menggambarkan semangat sosok remaja bernama Rumaniyah, yang sudah menjadi polisi wanita (polwan) dan berkuliah dengan beasiswa.

Rumaniyah merupakan mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Program Studi (Prodi) Informatika. Ia berkuliah di UNM kampus Damai, Jakarta Selatan lewat beasiswa. Kini ia masuk semester delapan dan tengah menyusun skripsi. Kisah inspiratifnya ini, dimulai saat masih berseragam putih abu-abu.

Sejak SMK, Rumaniyah sudah sekolah gratis, ia pun pernah bermimpi menjadi pengusaha. Namun, kesempatan dan peluang yang datang lebih dahulu menjadi polisi. Ia diterima menjadi Polwan di Mabes Polri secara gratis.

Baca Juga: Sang Anak Berlaga di Ajang World Cup 2022 Gothia Swedia, Naila Novaranti Kagum

“Alhamdulillah saya dulu bisa sekolah gratis di SMK. Lalu saya diterima jadi Polwan dan kini sedang kuliah di Universitas Nusa Mandiri (UNM), sedang menyusun skripsi. Saya berharap, dapat lulus dengan tepat waktu dan lancar. Setelah itu, akan mengabdikan diri pada bangsa dan negara ini, sesuai harapan dari orang tua saya,” kata Rumaniyah, kepada media, Jumat, 1 Juli 2022.

Dengan segala keterbatasannya, dan ketidakmampuan ekonomi orang tuanya waktu itu, tak menghilangkan semangat Rumaniyah dalam mengejar cita-cita.

Ia bercita-cita ingin membahagiakan keluarga, sebab orang tuanya hanya seorang buruh tani di Desa Tangkil Kulon RT 11 RW 4 Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan.

Baca Juga: Effendi Simbolon Sebut Megawati Bakal Putuskan Prabowo Puan atau Puan Prabowo di Pilpres 2024

“Bapak saya seorang buruh tani yang memiliki cita-cita agar anaknya sukses. Kami dari keluarga yang tidak mampu. Namun kami punya tekad kuat untuk merubah derajat keluarga dan ibu saya merupakan sosok yang telaten, yang sangat memperhatikan anak-anaknya. Kedua orang tua saya ingin melihat anaknya sukses dan memiliki prestasi,” ujarnya.

Saat ini, ia ditempatkan di Mabes Polri, Jakarta Selatan. UNM kampus Damai, menjadi kampus pilihannya, karena lebih dekat juga dengan tempatnya ditugaskan sebagai abdi negara.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jalin Kekuatan Baru, Perpusnas Kolaborasi dengan TNI

Selasa, 9 Agustus 2022 | 22:11 WIB
X