• Selasa, 4 Oktober 2022

Ganjar Jangan Mimpi, Effendi Simbolon: Capres PDIP Hanya Puan Maharani

- Jumat, 1 Juli 2022 | 01:17 WIB
Politisi PDI Perjuangan (PDI-P) Effendi MS Simbolon
Politisi PDI Perjuangan (PDI-P) Effendi MS Simbolon

HARIANTERBIT.com - Politikus PDIP Effendi Simbolon menegaskan bahwa calon presiden adalah Puan Maharani. Pengumuman Puan sebagai capres PDIP hanya tinggal tunggu waktu oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Enggak lah. Satu. Iya [Puan]," kata dia kepada wartawan di kompleks Parlemen, Kamis, 30 Juni 2022.

Pernyataan Effendi sekaligus merespons pernyataan Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga yang sebelumnya menyebut tiga nama potensial yang bakal diusung partai banteng. Mereka yakni, Puan Maharani, Ganjar Pranowo, dan Tri Rismaharini.

Baca Juga: Prabowo 3 Kali Kalah Pilpres, Gandeng Cak Imin InsyaAllah Menang di Pemilu 2024

Hingga diumumkan Megawati, katanya, sampai saat ini tak ada nama lain yang akan diusung PDIP. Namun, Effendi berkata pengumuman tersebut sepenuhnya merupakan hak prerogatif Mega.

"Sampai nanti diputuskan Ibu Megawati. Enggak ada lagi nama lain. Bahwa nanti dicalonkan dengan siapa, itu kapan waktunya, itu Ibu. Cuma pascarakernas cuma Puan," katanya.

Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga sebelumnya mengungkapkan tiga nama kader partainya yang dinilai memiliki kriteria maju di Pilpres 2024. Mereka yakni Ketua DPR RI Puan Maharani, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Baca Juga: Ganjar, Puan atau Risma: Ini Capres PDIP Pilihan Mega

Hanya saja, kata Eriko, PDIP enggan untuk terburu-buru menyampaikannya. Menurutnya masih menilai terlalu dini mengumumkan nama-nama tersebut, sehingga memilih untuk mengikuti prosedur ketetapan yang ada.

"Jujur saja dalam kapasitas yang ada ini, ada tiga kader kami yang masuk dalam kriteria ini. Ada mbak Puan, ada mas Ganjar, dan ada bu Risma," kata Eriko dalam Newscast Special Road to 2024 CNNIndonesia TV, Selasa malam, 28 Juni 2022.

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK Sebut Formula E Masih Tahap Penyelidikan

Senin, 3 Oktober 2022 | 14:58 WIB
X