• Kamis, 18 Agustus 2022

Jalin Kerjasama, Kemendagri Beri Hak Akes NIK ke KPU RI

- Rabu, 29 Juni 2022 | 17:20 WIB
Penandatanganan kerjasama antara KPU dan Kemendagri terkait data kependudukan.  (ikbal muqorobin)
Penandatanganan kerjasama antara KPU dan Kemendagri terkait data kependudukan. (ikbal muqorobin)

HARIANTERBIT.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melakukan kerjasama dengan kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait pemanfaatan data kependudukan guna pemutakhiran data Pemilu 2024.

Penamdatanganan kerjasama dilakukan oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh dan Sekjen KPU RI, Bernad Dermawan Sutrisno di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu, 29 Juni 2022. 
 
Selain itu Kemendagri juga menyerahkan hak akses nomor induk kependudukan (NIK) kepada KPU RI. 
 
 
Zudan mengatakan kerjasama tersebut dilakukan guna meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia.
 
"Harapannya kita bisa meningkatkan kualitas demokrasi, berawal dari data kependudukan sebagai bahan untuk menyusun DPS dan DPT," katanya.   
 
 
Terkait dengan hak akses NIK, Zudan menjelaskan nantinya KPU dapat mengkases data kependudukan melalui NIK. Namun akses yang diberikan ke KPU tersebut terbatas dalam dalam satu harinya.
 
"Jadi rekan-rekan KPU ingin melihat seseorang ini terdaftar di kabupatem mana, ketik NIKnya saja. Perhari kuotanya 200 ribu. Nanti kalau kurang tinggal minta saja," imbuh Zudan.
 
 
Sementara itu Ketua KPU Hasyim Asy'ari memyambut biak penandatanganan kerjasama tersebut. Dia menjelaskan pemutakhiran data pemilih memiliki dua sumber.
 
Pertama adalah daftar pemilih tetap (DPT) sebagai pemilih terkahir yang dikelola KPU. Kedua adalah Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4 ) yang dikelola Kemendagri.
 
 
"Sehingga dengan begitu kami semakin sinkron datanya antara DPT dengan DP4 yang itu sifatnya proyeksi untuk pelaksanaan pemilu ke depan," jelasnya.
 
Pendatanaganan perjanjian kerja sama ini dan penyerahan akses NIK itu menjadikan data yang ada di KPU semakin komperhensif, valid, dan mutakhir," imbuh Hasyim. ***
 
 

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bharada E Minta Keluarganya Juga Dilindungi

Kamis, 18 Agustus 2022 | 16:15 WIB

LPSK: Rutan Bareskrim Tidak Ideal Buat Bharada E

Kamis, 18 Agustus 2022 | 16:03 WIB

Kasad Ajak Masyarakat Menjaga dan Merawat Persatuan

Kamis, 18 Agustus 2022 | 15:11 WIB
X