• Sabtu, 13 Agustus 2022

Pentingnya Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi Pekerja Jasa Konstruksi

- Selasa, 28 Juni 2022 | 16:44 WIB
Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Jakarta Kebon Sirih, Tonny WK
Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Jakarta Kebon Sirih, Tonny WK

HARIANTERBIT.com - Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK ) terus menerus berupaya agar semua tenaga kerja memiliki perlindungan sosial ketenagakerjaan.

Salah satu upayanya yakni memberikan sosialisasi program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk sektor jasa konstruksi di Hotel Milenium Jakarta, Rabu, 15 Juni 2022.

Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Jakarta Kebon Sirih, Tonny WK menyampaikan, bahwa kegiatan ini sebagai forum silaturahmi dimana sejak awal pandemi tidak pernah diadakan sosialisasi tatap muka.

Baca Juga: Aplikasi MyPertamina Bakal Jadi Syarat Beli BBM bersubsidi, Begini Cara Daftarnya

Selain itu, kata Tonny, juga bertujuan untuk memberikan edukasi terkait Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Permen PUPR) Nomor 14 Tahun 2020 tentang Standar dan Pedoman Perusahaan Jasa Konstruksi Melalui Penyedia, Sosialisasi Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) dan Manfaat Layanan Tambahan (MLT) Program BPJS Ketenagakerjaan.

Pada kesempatan tersebut, Tonny menegaskan bahwa dalam Permen PUPR No 14 Tahun 2020 disebutkan penyedia jasa konstruksi wajib mendaftarkan semua pekerja proyeknya ke dalam Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Baca Juga: DPR Desak Dirjen Pajak Periksa Setoran Pajak Holywings

"Pekerja jasa konstruksi, memiliki risiko pekerjaan yang tinggi, sehingga wajib bagi pemberi kerja jasa konstruksi untuk mendaftarkan pekerjanya ke dalam program BPJS Ketenagakerjaan khususnya Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) yang bertujuan untuk melindungi seluruh pekerja proyek dari risiko pekerjaan sampai dengan proyek selesai, " kata Tonny, dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 28 Juni 2022.

Dalam kegiatan tersebut BP Jamsostek Jakarta Kebon Sirih juga menghadirkan dr. Amiruddin Hamigu, MM MARS selaku Direktur RSU Bunda sebagai salah satu Rumah Sakit Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) yang bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Prabowo Maju Jadi di Pilpres 2024

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 06:23 WIB

Istri Ferdy Sambo Belum Siap Diperiksa Komnas HAM

Jumat, 12 Agustus 2022 | 14:01 WIB
X