• Kamis, 29 September 2022

Pimpinan Komisi IV DPR Cecar Pejabat Kementan, Lamban Lakukan Pencegahan PMK

- Senin, 27 Juni 2022 | 15:17 WIB
Ketua Komisi IV DPR RI Sudin
Ketua Komisi IV DPR RI Sudin

HARIANTERBIT.com - Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mempertanyakan kinerja Kementerian Pertanian (Kementan) dalam penanganan wabah penyakit kuku dan mulut (PMK) yang kasusnya sudah menyebar di 19 provinsi di seluruh Indonesia.

Komisi IV DPR melihat penanganan PMK yang dilakukan Kementerian Pertanian kurang maksimal, lambat dalam melakukan pencegahan,” kata Suddin dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi IV DPR bersama pejabat Eselon I dan II Kementerian Pertanian di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 27 Juni 2022.

Dia menilai kasus PMK terkait erat dengan aktivitas perdagangan hewan antar-wilayah sehingga penguatan fungsi karantina hewan perlu ditingkatkan.

Baca Juga: Mengejutkan, Ini Hasil Pertemuan AHY dan Prabowo

Menurut dia, berdasarkan hasil pengawasan Komisi IV DPR di berbagai daerah, fungsi yang dijalankan Badan Karantina masih sangat lemah dalam melakukan pencegahan penularan PMK.

Sudin menceritakan ketika Komisi IV DPR melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Jawa Timur, diperoleh fakta bahwa fungsi kontrol Badan Karantina dalam mencegah penyebaran PMK sangat tidak memadai.

“Bagaimana mungkin di pintu masuk hanya ditempatkan dua petugas karantina dan dua handsfrayer untuk menyemprot mobil pengangkut sapi. Saya bilang, kalau tidak ada dana, saya siap membiayai untuk penyemprotan mobil pengangkut ternak tersebut,” ujarnya.

Baca Juga: Survei LSI: Airlangga Capres Paling Diinginkan Publik untuk Perbaiki Ekonomi

Dia menegaskan bahwa dalam mengatasi PMK maka langkah penting yang harus dilakukan Kementan adalah langkah pencegahan namun kinerja kementerian tersebut terkesan tidak serius terutama Badan Karantina yang tidak maksimal dalam menjalankan tugasnya.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KN Pulau Dana-323 Tiba di Darwin Australia

Rabu, 28 September 2022 | 22:05 WIB
X