• Sabtu, 10 Desember 2022

Duet Anies Puan Diyakini Jawaban atas Keterbelahan Bangsa

- Jumat, 24 Juni 2022 | 15:03 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani saat mengajak Gubernur DKI Anies Baswedan foto bersama.  (instagram @puanmaharaniri)
Ketua DPR RI Puan Maharani saat mengajak Gubernur DKI Anies Baswedan foto bersama. (instagram @puanmaharaniri)

HARIANTERBIT.com - Nama Anies Baswedan dan Puan Maharani dinilai layak bersanding menjadi Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) dalam Pemilihan Presiden (Pilores) 2024.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Jakarta Tony Rosyid menilai pasangan Anies Puan bisa menjadi jalan untuk mengatasi keterbelahan bangsa yang sudah muncul sejak PIlpres 2014 dan semakin akut pada Pilpres 2014.

Ia menyebut gagasan Anies Puan tersebut membuat banyak orang kaget. “Demi kepentingan penyelamatan bangsa ini, gagasan itu perlu untuk dipikirkan secara serius," ujarnya kepada HARIANTERBIT.com, Jumat, 24 Juni 2022.

Baca Juga: Ronaldinho Siap Perkuat Rans Nusantara di Laga Trofeo Pekan Ini

Menurutnya, sejak Pilpres 2014 dan berlanjut pada 2019, kekuatan Nasionalis dibenturkan dengan kekuatan Islam. Hal ini tak hanya terjadi saat Pemilu saja tetapi berlanjut setelah Pemilu usai. Ia melihat ada upaya sistematis untuk membuat benturan itu terus terjadi bahkan memanas.

Doktor Ilmu Politik UIN Ciputat tersebut beranggapan Anies Baswedan merupakan personifikasi kekuatan Islam, sedangkan Puan Maharani mewakili kekuatan nasionalis.

Baca Juga: Acara Bungkus Night, Prostitusi Terselubung Digelar Maret 2022

“Kenapa keduanya tidak kita satukan dan menjadi pasangan Capres dan Wacapres di Pemilu 2024,” ujarnya.

Ia meyakini Anies dan Puan bisa menjadi jalan tengah di situasi bangsa yang telah terbelah. Meskipun ada kesan keterbelahan itu terjadi karena ada kelompok yang sengaja merawat untuk mendapatkan keuntungan dari situasi tersebut.

Halaman:

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komisi IV: Hukum Jera Pelaku Kriminal Lingkungan

Jumat, 9 Desember 2022 | 20:28 WIB
X