• Selasa, 28 Juni 2022

Rusia dan Ukraina Masih Bertempur, Paspampres Siap Kawal Presiden Jokowi Kunjungi Kyiv

- Kamis, 23 Juni 2022 | 21:33 WIB
Kunjungan ke Ukraina dan Rusia, Paspampres Siapkan Helm dan Rompi Antipeluru untuk Jokowi /presidenri.go.id/
Kunjungan ke Ukraina dan Rusia, Paspampres Siapkan Helm dan Rompi Antipeluru untuk Jokowi /presidenri.go.id/

HARIANTERBIT.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengunjungi kota Kyiv, Ukraina di tengah pertempuran yang masih berkecamuk.

Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) Mayjen Tri Budi Utomo mengatakan pasukan elite pengawal Presiden Joko Widodo saat kunjungan ke Kyiv, Ukraina akan dibagi menjadi tiga tim.

Tri menjelaskan pasukan elite dibagi menjadi tim utama yang melekat dengan Jokowi, tim penyelamatan, dan tim advance atau tim pendahulu. Total pasukan yang akan diterjunkan berjumlah 39 orang.

Baca Juga: Putus Kontrak Kerja Sewenang-wenang, Banyak Isu Sensitif Citilink Bisa Terbongkar ke Publik

"Kalau kita sendiri yang melekat ke beliau (Jokowi) ada 19, ditambah yang matannya (tim penyelamatan) sendiri 10 [orang] di sana. Berarti 29 [orang], ditambah dengan 10 orang yang sudah stand by di sana," kata Tri kepada wartawan, Kamis,.23 Juni 2022.

Lanjut Tri para prajurit itu akan dilengkapi dengan senjata laras panjang. Mereka pun dipasok dengan amunisi tidak terbatas selama mengawal Jokowi.

Dia menyampaikan prajurit-prajurit ini telah dilatih di sejumlah pasukan elite TNI. Mereka juga telah menjalani latihan penyelamatan khusus untuk kunjungan ke Ukraina.

Baca Juga: Berkaca Penanganan Pandemi Covid 19, Airlangga Beberkan Upaya Pemerintah Tangani PMK pada Hewan Ternak

"Alhamdulillah kita juga tidak terlalu khawatir karena Paspampres ini ada dari Kopassus, ada dari Denjaka, ada dari Paskhas ada. Alhamdulillah kita percaya diri," bebernya.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X