• Selasa, 28 Juni 2022

Surya Paloh Hitung Kekuatan Lawan Sebelum Pilih Anies, Ganjar, dan Andika

- Kamis, 23 Juni 2022 | 19:04 WIB
 Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh.  (ikbal muqorobin)
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. (ikbal muqorobin)

HARIANTERBIT.com - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) telah memunculkan tiga nama bakal calon presiden. Nama-nama tersebut muncul sebagai hasil rapat kerja nasional beberapa waktu lalu.

Tiga nama yang men, Qndikajadi bakal calon presiden tersebut adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Andika Perkasa. 
 
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh menyebut tidak tertutup kemungkinan terjadi perubahan dengan nama-nama tersebut. Meski demikian dia berharap nama-nama yang sudah direkomendasikan itu tidak berubah. 
 
 
"Saya berharap benar-benar tidak ada perubahan. Tapi apa yang bisa kita pastikan dalam kehidupan dan perjalanan hari esok ini. Dan siapa yang bisa memastikan itu? Ya kan. Tapi kalau bicara masalah niatnya, tekatnya, semangatnya ya nggak ada (berubah)," ujarnya di Nasdem Tower, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 23 Juni 2022. 
 
Tiga nama hasil rekomendasi rakernas nantinya akan mengerucut pada satu nama capres. Surya mengatakan proses itu didasarkan pada perkembangan dinamika politik yang terjadi.
 
 
Nasdem juga akan memperhitungkan kekuatan lawan dan jumlah koalisi yang terbentuk pada Pemilu 2024 mendatang. 
 
"Kita liat perkembangannya juga. Kita kan berkompetisi. Tidak hanya kita harus mengenal kemampuan kita dan kelemahan kita. Tapi siapa yang kita hadapin," jelasnya. 
 
 
"Nanti kita akan lihat juga, dua kesebelasan atau tiga kesebelasan yang harus kita lihat satu sama lain, the strange pointnya dan minus point masing-masing," imbuh Surya.
 
Sejauh ini Partai Nasdem intens membangun komunikasi politik dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Nasdem. Di sisi lain baru ada satu koalisi yang resmi terbentuk, yakni Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). KIB terdiri dari Golkar, PAN dan PPP.***

Editor: Yuli Terbit

Artikel Terkait

Terkini

X