• Selasa, 29 November 2022

Baleg DPR: RUU KIA tunjukkan komitmen politik DPR

- Rabu, 22 Juni 2022 | 08:33 WIB
Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Willy Aditya
Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Willy Aditya

HARIANTERBIT.com -.Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Willy Aditya menilai Rancangan Undang-Undang tentang Kesejahteraan Ibu dan Anak (RUU KIA) menunjukkan komitmen politik DPR terhadap perempuan, anak, dan keluarga.

Hal itu menurut dia terlihat dari beberapa aturan seperti pemberian cuti enam bulan bagi perempuan dan cuti empat minggu bagi suami.

“Kalau Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) komitmen politik DPR terhadap anak, perempuan, dan kaum disabilitas, namun RUU KIA agak lebar sedikit yaitu perempuan, anak, dan keluarga,” kata Willy.

Baca Juga: Ketua Komisi II DPR: Didukung Sistem Digital, Smart City IKN Nusantara Jadi Momentum Pemerataan Pembangunan

Pernyataan itu dikatakan Willy dalam diskusi Forum Legislasi dengan tema “RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak: Komitmen DPR Wujudkan SDM Unggul”, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 21 Juni 2022.

Dia menjelaskan, dalam kehidupan masyarakat urban di kota-kota besar, banyak kasus yang terjadi, tidak ada ruang bagaimana seorang anak dibesarkan dalam sebuah keluarga.

Willy mencontohkan seorang ibu yang bekerja berangkat pukul 6 pagi saat anak belum bangun, lalu pulang pukul 20.00 ketika anaknya sudah tidur.

Baca Juga: Gerakan Biru Kuning: Cak Imin Capres NU Tulen, Calon Lainnya Cuma Mendadak NU

“Ini fenomena urban yang sangat banal bahkan kita tidak punya tempat penitipan anak, kalaupun ada sangat mahal sekali,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPR Pastikan Pencopotan Hakim Aswanto Sesuai Mekanisme

Senin, 28 November 2022 | 16:12 WIB

Polisi Amankan 15 Orang Terlibat Makar

Senin, 28 November 2022 | 12:02 WIB

Gempa Cianjur, Korban Meninggal Dunia 321 Orang

Senin, 28 November 2022 | 11:51 WIB
X