• Rabu, 28 September 2022

Capres Partai Nasdem: Anies Baswedan Atau Ganjar Pranowo

- Kamis, 16 Juni 2022 | 11:52 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.  (instagram @ganjar_pranowo dan @aniesbaswedan)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (instagram @ganjar_pranowo dan @aniesbaswedan)

Jakarta, HanTer - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dua nama yang salah satunya akan dipilih Partai Nasdem untuk menjadi calon presiden (capres) untuk diusung di Pilpres 2024.

“Sejauh ini ada dua nama: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan atau Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo akan direkomendasi wilayah dalam rakernas partai tersebut menjadi capres,” kata Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali

Secara resmi, kata Ali, DPW akan menyampaikan pandangan umumnya besok. “Kalau kita lihat aspirasi beberapa wilayah yang muncul di media tidak jauh-jauh menyebut nama Anies, kemudian nama Ganjar. Dua nama itu yang hari ini tidak jauh yang muncul di wilayah, tapi kita tidak boleh mendahului wilayah-wilayah," kata Ali kepada wartawan di area Parkir Timur Senayan, Jakarta, Rabu (15/6).

Baca Juga: Sidang Napoleon, M Kece Kembali Tidak Hadir

Ali menolak menyimpulkan nama capres yang bakal direkomendasikan dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) NasDem. Menurutnya, kader NasDem dari wilayah baru menyampaikan rekomendasi nama capres tersebut pada Kamis (16/6).

Ia pun mengingatkan rekomendasi nama itu hanya bersifat usulan, karena keputusan capres yang diusung di Pilpres 2024 ada di tangan Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

Membebek

Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh menegaskan bahwa partainya tidak "membebek" atau mengikuti dengan hasil survei dalam mengusung calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

"Partai NasDem tidak selalu 'membebek' pada hasil-hasil survei dalam menentukan capresnya," kata Surya Paloh dalam sambutannya pada Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Rabu malam.

Menurut dia, partainya ingin memberikan kesempatan yang adil kepada semua pihak untuk menjadi capres. Capres tidak harus ketua umum (ketum) partai politik atau pejabat lainnya.

Rencananya, Partai NasDem akan mengusulkan tiga capres melalui rakernas ini. Usulan merupakan hasil rekomendasi dari 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem yang melakukan rakernas.

"Mencari aspirasi dari berbagai kalangan untuk menentukan tiga calon nama sebagai bakal calon presiden yang akan dimajukan oleh Partai NasDem," kata Surya Paloh lagi.

Rakernas ini, ujar dia, merupakan ajang peneguhan kembali politik kebangsaan Partai NasDem dan sebuah garis politik sejak mendirikan partai.

"Rapat kerja ini tidak hanya menyambut Pemilu 2024 yang akan datang, tetapi jauh dari itu. Rapat kerja ini disiapkan untuk mengecek langsung aktualisasi keberadaan kesiapan seluruh kader partai kita dari Sabang sampai Merauke," ujarnya pula. Sammy

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

X