• Jumat, 7 Oktober 2022

Kuasa Hukum Punya Bukti, Terdakwa Dwidjono Dihubungi Haji Isam

- Rabu, 15 Juni 2022 | 16:38 WIB
Irfan Idham, SH, kuasa hukum Mardani H Maming
Irfan Idham, SH, kuasa hukum Mardani H Maming

HARIANTERBIT.com - Berubah-ubahnya keterangan Raden Dwidjono Putrohadi Sutopo, terdakwa kasus dugaan gratifikasi izin pertambangan dalam persidangan di Pengadilan Negeri Tipikor Banjarmasin, menimbulkan dugaan dia dalam tekanan pihak tertentu, termasuk dibawa-bawanya nama Mardani H Maming, Bendahara Umum PBNU dalam kasus tersebut.

Dalam pembelaannya di sidang lanjutan Senin,13 Juni 2022, terdakwa Dwidjono bahkan menyebutkan sejumlah kasus baru yang melibatkan nama Mardani H Maming, yang tidak ada sangkut pautnya dengan pokok perkara bahkan tidak ada dalam berita acara pemeriksaan.

Irfan Idham, SH, kuasa hukum Mardani H Maming mengaku punya bukti yang menjadi alasan mengapa terdakwa Dwidjono berubah-ubah keterangannya.

Baca Juga: Di Forum B20, Menko Airlangga Soroti 3 Komponen Utama Transisi Energi di Indonesia

“Kami punya bukti pengakuan bahwa pak Dwidjono pernah dihubungi langsung oleh Haji Isam (Syamsudin Arsyad – pemilik PT. Jhonlin Group, red),” kata Irfan Idham, di Jakarta, Selasa, 14 Juni 2022.

Diungkapkan Irfan, bahwa berdasarkan pengakuan dari pak Dwidjono, ia pernah dihubungi oleh Haji Isam untuk mengganti pengacaranya, dengan pengacara dari pihak Haji Isam.

“Apa kepentingan Haji Isam terkait perkara pak Dwi? Dari sini kita bisa membaca apa motif dan kenapa keterangan pak Dwi bisa berubah-ubah,” ujar Irfan.

Irfan Idham menjelaskan, awalnya dia yang ditunjuk mendampingi terdakwa Dwidjono atas permintaan Mardani H Maming.

“Jadi awalnya pak Mardani tidak mengetahui tentang perkara yang dihadapi pak Dwi. Lalu kami diminta untuk mendampingi pak Dwidjono,” kata Irfan Idham dari Titah Law Firm ini.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasad Jenguk Korban Peristiwa Kanjuruhan Malang

Kamis, 6 Oktober 2022 | 16:45 WIB
X