• Selasa, 29 November 2022

Isu Reshuffle Kabinet, Ada Ketua Umum Partai Dicoret Tapi Ada yang Baru Masuk

- Rabu, 15 Juni 2022 | 08:11 WIB
Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan.  (instagram @zul.has)
Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan. (instagram @zul.has)

HARIANTERBIT.com - Isu reshuffle kabinet semakin menguat. Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut-sebut akan mengocok ulang susunan kabinetnya pada hari ini, Rabu 15 Juni 2022.

Sejumlah rumor pun beredar tentang sosok nama dan jabatan menteri yang akan diemban dalam reshuffle kabinet Jokowi tersebut. Rumor itu menyebar melalui pesan berantai di aplikasi pesan WhatsApp.
 
Dalam reshuffle kabinet Jokowi tersebut terdapat isu Menteri Perdagangan M. Lutfi akan digantikan  Erick Thohir. Sementara jabatan menteri BUMN yang sebelumnya dipegang Erick akan dijabat Budi Gunadi Sadikin.
 
 
Lalu jabatan Menteri Kesehatan yang ditinggalkan Budi akan diisi oleh Dante Saksono Harbuwono. 
 
Kemudian kabar yang berembus posisi Sofyan Djalil sebagai menyeteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional digantikan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.
 
 
Sementara itu Menteri Pertanian yang sebelumnya dijabat Syahrul Yasin Limpo akan digantikan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Sementara posisi KSP digantikan mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto. 
 
Kabar lain juga menyebut posisi Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian akan digantikan. Pengganti Ketua Umum Partai Golkar itu adalah Luhut Binsar Panjaitan. 
 
 
Sebelumnya Ketua DPP PAN Bima Arya Sugiarto mengaku mendengar informasi yang kuat tentang reshuffle. Bima mengatakan perombakan susunan kabinet akan dilaksanakan 15 Juni 2022. 
 
Walikota Bogor ini menyebut PAN hampir pasti mendapatkan satu kursi menteri. Sedangkan jabatan lainnya dia tidak bisa memastikan. 
 
 
"Informasinya kalau posisi menteri mungkin satu. Tapi yang lainnya kami belum pastikan. Artinya PAN sudah sangat siap memperkuat Presiden Jokowi dengan kementerian apapun" katanya di Jakarta Selatan, Selasa 14 Juni 2022. 
 
Sementara Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengatakan partainya akan mempriorotaskan nama Zulkifli Hasan untuk jabatan di kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. ***

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPR Pastikan Pencopotan Hakim Aswanto Sesuai Mekanisme

Senin, 28 November 2022 | 16:12 WIB

Polisi Amankan 15 Orang Terlibat Makar

Senin, 28 November 2022 | 12:02 WIB

Gempa Cianjur, Korban Meninggal Dunia 321 Orang

Senin, 28 November 2022 | 11:51 WIB
X