• Kamis, 1 Desember 2022

Survei CNN: Jika Pemilu Digelar Hari Ini, Airlangga Tokoh Pemerintahan Paling Dipilih

- Rabu, 8 Juni 2022 | 20:44 WIB
Kolase foto Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menparekraf Sandiaga Uno  Menhan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir
Kolase foto Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menparekraf Sandiaga Uno Menhan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir

Jakarta, HanTer -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga-Hartarto">Airlangga Hartarto muncul sebagai tokoh pemerintahan dengan elektabilitas tertinggi dalam survei yang digelar Citra Network Nasional (CNN). Airlangga yang juga Ketua Umum Partai Golkar itu dipilih sebanyak 29,2 persen dari 2.200 responden.

Survei CNN menunjukkan nama Airlangga jauh mengungguli tokoh lain yang saat ini duduk di pemerintahan, seperti Menhan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menparekraf Sandiaga Uno.

"Simulasi nama tokoh yang ada di pemerintahan saat ini, ternyata nama Airlangga-Hartarto">Airlangga Hartarto dipilih paling banyak oleh 29,2 persen,” tutur Direktur Eksekutif CNN Ahmad Zaki dalam keterangan, Rabu (8/6/2022).

Baca Juga: Demokrat dan Nasdem Makin Mesra, AHY Buka Jalan Terbentuknya Koalisi

Di posisi kedua, nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto jauh tertinggal dibanding urutan teratas. Elektabilitas Prabowo hanya di angka 12,2 persen, disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 11,8 persen, Selanjutnya, muncul nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (5,1 persen), Panglima TNI Jenderal ANdika Perkasa (4,4 persen) dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan 3,2 persen.

Ahmad Zaki menilai ada korelasi pilihan reponden terhadap Airlangga yang menggawangi kebijakan di bidang perekonomian.

Menurutnya, responden lebih menginginkan sosok presiden pengganti Joko Widodo yang bisa mengangkat perekonomian masyarakat. Dari survei CNN ini, hampir 96,4 persen responden ingin presiden yang mampu mengangkat perekonomian masyarakat.

Baca Juga: Di Balik Pertemuan SBY-Surya Paloh, Pengamat: AHY Bisa Menjadi Playmaker Terbentuknya Koalisi Parpol

Sosok presiden yang merakyat dan popular hanya diinginkan sebanyak 38,2 persen. Sosok seperti ini digambarkan dalam karakter Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Sementara, hanya 35,2 persen responden yang mengingingkan sosok presiden yang tegas seperti karakter Prabowo Subianto.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Diminta Lakukan Reshuflle Kabinet

Rabu, 30 November 2022 | 23:49 WIB

DPR Akan Tetap Sahkan RKUHP Meski Mendapat Penolakan

Rabu, 30 November 2022 | 23:43 WIB
X