• Kamis, 1 Desember 2022

Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah: Kedaulatan Bangsa Terjaga dari Kinerja Parpol dan Demokrasi Sehat

- Selasa, 7 Juni 2022 | 23:09 WIB
Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah
Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah

Jakarta, HanTer – Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah berharap partai-partai politik di Indonesia terus menjaga peran vital dan strategis mereka dalam menjaga dan merawat kedaulatan bangsa. Jika partai-partai politik menunjukkan kinerja yang baik, rakyat akan semakin percaya pada peran vital partai politik dan tidak kehilangan harapan pada tumbuhnya demokrasi yang sehat di tanah air.

Harapan Ahmad Basarah itu disampaikan dalam acara bimbingan teknis pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (7/6/2022). Ahmad Basarah tampil sebagai narasumber bersama Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani dalam acara yang digelar oleh Universitas Pembangunan Nasional ‘’Veteran’’ Jakarta itu.

Baca Juga: Bendum PBNU Mardani H Maming Buka-bukaan, Tunjuk Hidung Haji Isam, Apa Respons KPK?

Menurut Ahmad Basarah, demikian strategis peran dan fungsi parpol dalam menjaga kedaulatan bangsa, sampai-sampai bisa dikatakan bahwa parpol menentukan hitam dan putihnya negara. Sebagai bukti, Dosen pascasarjana Universitas Kristen Indonesia (UKI) itu besarnya peran parpol dalam menentukan pejabat-pejabat penting di Indonesia, mulai dari presiden dan wakil presiden, pimpinan DPR RI, pimpinan MPR RI, sampai semua pejabat daerah.

‘’Karena itu, melaksanakan bimbingan teknis seperti ini menjadi sangat penting sebab di dalamnya ideologi bangsa Pancasila dan materi-materi kenegaraan lainnya dibahas tuntas. Anda semua bisa menjadi anggota DPRD akibat parpol tempat Anda bernaung menjalankan peran dan fungsinya dengan baik. Jika anggota partai rusak, maka rusaklah negara,’’ tandas Ahmad Basarah.

Baca Juga: Menko Airlangga: Indonesia Punya Modal Kuat untuk Menghadapi Tantangan dan Krisis Ekonomi

Untuk itu, Ketua Fraksi PDI Perjuangan ini mengingatkan bahwa anggota dewan baik di pusat maupun di daerah adalah orang-orang pilihan yang duduk di bangku amanah yang menentukan hajat hidup orang banyak. Ahmad Basarah mengingatkan bahwa setiap DPRD Provinsi memegang tiga fungsi penting yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak, mulai dari legislasi (pembentukan Perda), menentukan anggaran dan melakukan pengawasan seperti diatur dalam UU No. 23/2014 tentang Pemda.

‘’Jadi, jika anggota dewan baik yang menjadi representasi partai-partai politik tidak menjalankan peran dan fungsi mereka secara maksimal, mereka bisa dianggap menyia-nyiakan amanat rakyat. Jika kondisi ini terus dibiarkan, rakyat akan jenuh. Di sinilah mengapa semua anggota dewan harus menjalankan fungsi dan peran mereka dengan baik,’’ tegas Ahmad Basarah dalam acara yang bertema ‘’Pancasila, Ibukota Nusantara (IKN), dan Kedaulatan Bangsa’’ itu.

Baca Juga: Polisi Tangkap Pimpinan Tertinggi Khilafatul Muslimin, Pakar: Ancaman Pidana karena Sebarkan Berita Bohong

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Diminta Lakukan Reshuflle Kabinet

Rabu, 30 November 2022 | 23:49 WIB

DPR Akan Tetap Sahkan RKUHP Meski Mendapat Penolakan

Rabu, 30 November 2022 | 23:43 WIB
X