• Rabu, 28 September 2022

Pengamat: Tanpa Megawati Indonesia Akan Baik-Baik Saja

- Selasa, 7 Juni 2022 | 12:44 WIB
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri

Jakarta, HanTer - Pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengaku khawatir terhadap Indonesia jika suatu saat sudah tutup usia, memantik sejumlah pengamat berkomentar. Kekhawatiran itu disampaikan Megawati saat menjadi pembicara kunci di Seminar Nasional Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa (FRPKB) secara daring, Rabu (1/6/2022).

Pengamat Komunikasi Politik Universitas Indonesia (UI) M. Jamiluddin Ritonga meminta Megawati tak perlu cemas keadaan Indonesia bila ia tidak ada. Menurutnya Indonesia akan baik-baik saja jika kelak Megawati sudah tidak ada.

"Generasi muda Indonesia tak perlu diragukan untuk melanjutkan estafet kepemimpinan. Mereka akan bertanggung jawab menerima estafet tersebut," ujar Jamiluddin di Jakarta, Senin (6/6/2022).

Baca Juga: Terlalu Mahal dan Tidak Masuk Akal, Ramai-ramai Menolak Tarif Candi Borobudur Rp750 ribu

Jamaluddin menegaskan, generasi muda akan menggunakan gaya kepemimpinan yang berbeda dengan yang ada sekarang, termasuk gaya kepemimpinan Megawati dikala menjadi presiden.

"Megawati justru harus gelisah kondisi PDIP bila ia tidak ada. Hal itu harus dipikirkannya agar PDIP tetap utuh dan rukun tanpa dirinya ada di PDIP," paparnya.

Dengan cara mereka memimpin, sambung Jamiluddin, Indonesia justeru berpeluang akan lebih baik. Indonesia akan lebih demokratis di semua bidang.

Keahlian

Peneliti senior Institute for Strategic and Development (ISDS), Aminudin mengatakan, jika Megawati mangkat maka besar kemungkinan disingkirkan Jokowi dan geng politiknya. Karena putra-putri penerus Megawati semuanya kurang memiliki skill atau keahlian politik lebih baik dibanding lawan politik potensial ke depan seperti: Jokowi, Hasto, Ganjar Pranowo, Anung, dan lainnya.

“Ancaman terbesar bagi Megawati bagi kelangsungan dinastinya justru ada di Jokowi," tegasnya.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

KN Pulau Dana-323 Tiba di Darwin Australia

Rabu, 28 September 2022 | 22:05 WIB
X