• Rabu, 28 September 2022

Warga Bante Diingatkan Terkait Banjir Rob

- Senin, 6 Juni 2022 | 09:57 WIB

Banten, HanTer – Sejauh ini peneliti ahli utama di Pusat Riset dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaluddin mengatakan wilayah pesisir perlu mewaspadai siklus nodal pada 2034 yang dapat meningkatkan banjir pasang atau banjir rob.

"Ini (siklus nodal bulan) NASA (Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau National Aeronautics and Space Administration) sudah memperingatkan untuk diwaspadai pantai-pantai di Amerika. Jadi sekitar tahun 2034 itu adalah puncak dari siklus nodal yang berpotensi meningkatkan banjir pasang," katanya.

Dikutip dari Antara, Ahad (5/6), Thomas menuturkan pemanasan global dan kenaikan pasang karena siklus nodal bulan 18,6 tahunan akan menjadi faktor gabungan yang akan meningkatkan banjir pasang atau banjir rob, dan tentunya perlu juga diwaspadai di pantai-pantai di Indonesia khususnya Pantai Utara Jawa yang pantainya landai.

Oleh karena itu, ia mengatakan perlu dilakukan mitigasi jangka menengah untuk mengatasi efek siklus nodal bulan yang puncaknya diperkirakan pada 2034.

Efek siklus nodal berpotensi meningkatkan pasang maksimum sehingga banjir rob lebih sering terjadi dengan ketinggian yang meningkat.

Thomas menuturkan kenaikan pasang maksimum akan terjadi saat siklus nodal bulan dengan siklus 18,6 tahunan, di mana posisi bulan dekat dengan ekuator. Dengan orbit bulan yang miring sekitar 5 derajat dari ekliptika, itu menyebabkan bulan secara siklus akan menjauh dan mendekat dari ekuator.

Menurut Thomas, yang perlu diwaspadai secara global adalah ketika posisi bulan dekat dengan ekuator, yakni masa dengan siklus 18,6 tahun, karena berpotensi untuk meningkatkan ketinggian pasang maksimun.

Pada saat posisi bulan dekat ekuator, pasang maksimum akan lebih tinggi dari biasanya sehingga dapat meningkatkan potensi banjir rob di daerah-daerah pantai. Ant

Editor: Romi Terbit

Tags

Terkini

Banyak Dikiritik, Program Kompor Listrik Dibatalkan

Rabu, 28 September 2022 | 09:25 WIB

DPR Desak KPK Jemput Paksa Lukas Enembe

Rabu, 28 September 2022 | 08:55 WIB
X