• Jumat, 7 Oktober 2022

Jamiluddin Ritonga: Masa Kampanye Pileg dan Pilpres Sebaiknya Berbeda

- Selasa, 31 Mei 2022 | 11:34 WIB
Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jakarta, M. Jamiluddin Ritonga
Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jakarta, M. Jamiluddin Ritonga

Jakarta, HanTer - Pengamat komunikasi Universitas Esa Unggul Jakarta, M. Jamiluddin Ritonga mengatakan, masa kampanye pemilu 90 hari tentu lebih cukup untuk Pileg. Sebab, untuk seorang caleg, waktu 90 hari dapat digunakan untuk menjangkau daerah pemilihannya (dapil).

"Dengan begitu, setiap caleg dimungkinkan memperkenalkan diri ke seluruh dapilnya. Hal ini tentu baik, sehingga masyarakat mendapat pendidikan politik sebelum memilih seorang caleg," ujar Jamiluddin di Jakarta, Selasa (31/5/2022).

Menurut Jamiluddin, masa kampanye caleg berbeda dengan capres. Oleh karena itu waktu 90 hari tampaknya terlalu singkat. Dengan jangkauan wilayah yang luas, sulit membayangkan seorang capres dapat berkampanye ke seluruh penjuru tanah air.

Baca Juga: Kasad Blusukan ke Pasar Cek Harga Migor

Baca Juga: Polemik Sponsor Formula E dari Perusahaan Bir, SDR: Bagai Makan Buah Simalakama

Baca Juga: 34 Personel TNI AD Atlet SEA Games Vietnam dapat Penghargaan datri Kasad

"Apalagi kebiasaan masyarakat kita yang baru merasa abdol bila bertemu langsung. Hal ini akan menyulitkan capres bila tidak menemui masyarakat," tandasnya.

Jadi, sambung Jamiluddin, dengan waktu 90 hari, capres paling bisa mengunjungi masyarakat di ibukota provinsi. Sementara masyarakat di tingkat kabupaten/kota peluang dikunjungi capres relatif kecil. Oleh karena itu dilihat dari pendidikan politik, waktu capres untuk bersosialisasi dengan masyarakat dirasakan masih kurang.

"Hal ini tentu kurang baik dilihat dari proses demokratisasi di Indonesia," jelasnya.

Saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan bahwa tanggal 14 Februari 2024 merupakan hari dan tanggal untuk pemungutan suara Pemilu Serentak Tahun 2024 mendatang. Penetapan hari dan tanggal pemungutan suara Pemilu 2024 tersebut, tertuang dalam Keputusan KPU RI No. 21 Tahun 2022.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Kasad Jenguk Korban Peristiwa Kanjuruhan Malang

Kamis, 6 Oktober 2022 | 16:45 WIB
X